comscore

Petani Sebut Bendungan Bintang Bano Mampu Mereduksi Banjir

Kautsar Widya Prabowo - 14 Januari 2022 18:38 WIB
Petani Sebut Bendungan Bintang Bano Mampu Mereduksi Banjir
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta: Sejumlah petani dari Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengaku telah merasakan manfaat dari keberadaan Bendung Bintang Bano. Salah satunya, mampu mereduksi banjir yang terjadi di Desa Moteng. 

Petani dari Desa Moteng, Ahyar Rosadi, mengatakan pada 2018 pihaknya bersama sejumlah petani mengalami gagal panen akibat hujan besar yang disertai banjir. Namun, saat ini banjir tidak pernah terjadi lagi.
“Akhir-akhir ini alhamdulillah, dua tahun ini tidak pernah banjir di desa kami,” ujar Ahyar dilansir dari laman resmi www.presidenri.go.id, Jumat, 14 Januari 2022. 

Ahyar mengatakan saluran irigasi dari bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka lahan baru. "karena dari yang dulunya masuk tadah hujan, sekarang bisa kita manfaatkan untuk lahan pertanian,” tuturnya.

Baca: Jokowi dan Ibu Negara Berperahu Kelilingi Bendungan Bintang Bano

Sementara itu, petani dari Desa Bangkot Monteh, Sangkot Rangkuti, menuturkan manfaat dari Bendungan Bintang Bano ini sangat terasa dalam penyelesaian permasalahan banjir. Ia berharap pemerintah dapat memberikan bantuan pertanian seperti penyediaan alat dan mesin pertanian serta pupuk. 

“Kami berharap Pak Presiden bisa memperhatikan lagi untuk bantuan-bantuan seperti pupuk karena pupuk itu sekarang kami sangat sulit mencarinya. Apalagi setelah adanya bendungan ini, pertanian ini akan kita galakkan setahun tiga kali,” ujar dia. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB. Bendungan tersebut diharapkan mendukung ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan air baku di NTB.

"Juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering yang ada di Provinsi NTB," ujar Jokowi dalam pidato peresmian Bendungan Bintang Bano yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id