1 Miliar Dosis Sudah Disuntikkan, Vaksin AstraZeneca Dijamin Aman

    Media Indonesia.com - 25 Mei 2021 08:24 WIB
    1 Miliar Dosis Sudah Disuntikkan, Vaksin AstraZeneca Dijamin Aman
    Kotak vaksin AstraZeneca disimpan di sebuah farmasi di Vercelli, Italia pada 15 April 2021. Foto: AFP/Marco Bertorello



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjamin Vaksin AstraZeneca aman disuntikkan. Vaksin covid-19 ini sudah digunakan lebih dari satu miliar di seluruh dunia dan terbukti efektif. 

    Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menegaskan dari segi manfaat, produk AstraZeneca sama dengan Vaksin Sinovac. Angka kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) Vaksin AstraZeneca hanya sedikit lebih tinggi. 

     



    "Kita melakukan evaluasi KIPI kepada masing-masing yang sudah diimunisasi," ujar Dante di Jakarta, Senin, 24 Mei 2021.

    Baca: Studi: Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Efektif Atasi Varian India

    Dante tak menjelaskan detail angka KIPI tersebut. Namun, dia mengimbau warga melaporkan KIPI yang dialami kepada sentra vaksinasi terdekat. 

    Di sisi lain, Kemenkes menggodok batasan usia pemberian Vaksin AstraZeneca. Masalah ini didiskusikan dengan Komisi Nasional (Komnas) KIPI dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

    "Sedang kita bahas mungkin dalam minggu-minggu ini," ujar dia. 

    Vaksin untuk Indonesia


    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial. (Widhoroso)




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id