Survei: 91% Masyarakat Takut Tidak Dapat Obat Saat Positif Covid-19

    Atalya Puspa - 03 September 2021 14:27 WIB
    Survei: 91% Masyarakat Takut Tidak Dapat Obat Saat Positif Covid-19
    Ilustrasi obat covid-19. Medcom.id



    Jakarta: Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan masyarakat takut tak mendapat obat saat terkonfirmasi positif covid-19. Pemerintah mesti menyelesaikan masalah ini.

    "Ada satu pertanyaan yang diajukan, apa yang paling ditakuti saat Anda terkonfirmasi positif covid-19? 91 persen mengatakan mereka takut susah cari obat," kata Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte dalam webinar bertajuk Menilik Implikasi Kebijakan Publik terhadap Aspek Sosial Masyarakat dalam Penanggulangan Covid-19, Jumat, 3 September 2021.

     



    Philips menegaskan hal tersebut mesti menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, kelangkaan obat yang sempat terjadi beberapa waktu lalu menimbulkan keresahan masyarakat.

    "Ini yang menurut saya juga dari sisi pemerintah harus ada regulasi tegas agar menimbulkan kepercayaan pada masyarakat sehingga mereka patuh percaya pada pemerintah," kata dia.

    Philip juga menekankan pentingnya penguatan sosialisasi terkait covid-19 kepada masyarakat lewat tokoh-tokoh masyarakat serta tenaga kesehatan. Pasalnya, berdasarkan survei 80 persen masyarakat mengatakan percaya terhadap informasi yang diberikan oleh tokoh masyarakat.

    Sementara itu, 90 persen masyarakat mengatakan mereka percaya terhadap informasi yang diberikan oleh tenaga kesehatan. "Jadi menurut saya, sumber daya harus ditambahkan di puskesmas. Petugas kesehatan bahkan bidan karena masyarakat ternyata mempercayai aspek-aspek teknokratis dari covid-19 dan mereka percaya dari orang-orang tersebut," ucap dia.

    (Baca: Sekjen DPR Bakal Tanggung Konsekuensi Pembatalan Tender Multivitamin)

    Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id