Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang: Tidak Ada Kesengajaan

    MetroTV - 29 September 2021 17:35 WIB
    Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang: Tidak Ada Kesengajaan
    Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Tubagus Ade Hidayat (Foto: Metro TV)



    Jakarta: Polda Metro Jaya buka suara mengenai penyebab kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang pada beberapa pekan lalu. Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat memastikan tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tersebut.

    "Sampai saat ini, penyidik belum menemukan adanya unsur kesengajaan, tapi karena kelalaiannya," kata Tubagus dalam tayangan Metro Siang di Metro TV pada Rabu, 29 September 2021.

     



    Menurut Tubagus, kebakaran ini bisa terjadi karena kelalaian pemasangan instalasi listrik yang bukan dikerjakan orang-orang profesional. Penyidik mendapati instalasi tersebut dipasang serampangan dan spesifikasi kabel yang digunakan tidak sesuai kebutuhan. 

    Kesalahan pemasangan instalasi ini menyebabkan hubungan pendek arus listrik. Kemudian, percikan api muncul dan akhirnya menyebabkan kebakaran besar di lapas tersebut.

    Polda Metro Jaya telah mengumumkan tiga tersangka tambahan terkait kebakaran di lapas tersebut. Mereka ialah satu warga binaan (JMM), pegawai lapas (PBB), dan bagian umum (RS). Berbagai pemeriksaan telah dilakukan melalui keterangan saksi dan ahli, surat, serta bukti petunjuk. 

    Ketiganya dijerat dengan pasal 188 KUHP juncto 55 dan 56 KUHP tentang kealpaan yang mengakibatkan kebakaran. Mereka juga akan terancam dihukum lima tahun penjara. (Nadya Ayu)

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id