comscore

Menkominfo Gandeng Kadin dalam Transformasi Digital di Indonesia

Candra Yuri Nuralam - 06 Desember 2021 15:25 WIB
Menkominfo Gandeng Kadin dalam Transformasi Digital di Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam transformasi digital. Kadin diharap bisa membantu mendorong perluasan pasar produk lokal di dalam negeri.

"Kita mendorong bagaimana Kadin ikut bersama-sama dengan program pemerintah, salah satu program pemerintah yang penting adalah transformasi digital," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Senin, 6 November 2021.
Johnny mengatakan pemerintah telah menyusun peta jalan digital Indonesia untuk periode 2021 sampai 2024. Pemerintah harus bisa menekan pasar dalam negeri dengan produk lokal dalam peta jalan digital itu.

"Nah ini melalui apa? Banyak kegiatannya, termasuk Kominfo memberikan dukungan terhadap gerakan nasional bangga buatan Indonesia," ujar Johnny.

Produk lokal diyakini bisa membuat ekonomi digital di Indonesia meroket jika rencana peta digital itu berlangsung baik. Kadin Indonesia diharap memberikan bantuan agar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia bisa bangkit di tengah kemajuan zaman.

"Melalui program gerakan nasional bangga buatan Indonesia, saya mengharapkan para pelaku UMKM mampu meningkatkan daya saing produk Indonesia lewat stimulus pelatihan atau pun pendampingan aktivitas bisnis ke ruang digital," ucap Johnny.

Baca: Kehadiran Ekosistem Digital Dinilai Mampu Bantu Pemulihan Ekonomi

Kerja sama dengan Kadin ini juga diharap bisa membuat pelaku UMKM di Indonesia melek digital. Pelaku UMKM diharap bisa memanfaatkan toko digital.

"Kontribusi untuk UMKM, kita sama-sama semuanya bekerja untuk mendorong agar UMKM menjadi UMKM digital on boarding itu bisa kita lakukan dengan baik dan saat ini sudah lebih dari 16 juta dari 64 juta UMKM Indonesia sudah menjadi digital," ucap Johnny.

Johnny juga akan memastikan infrastruktur digital mumpuni untuk kerja sama ini. Pembangunan kabel optik akan dilakukan pada beberapa lokasi di Indonesia untuk mempermudah pelaku UMKM mendigitalisasikan dagangannya.

"Ini tentu panjang waktunya. Namun, saya ingin sampaikan bahwa pilar infrastruktur digital ini penting yang memungkinkan enabler seluruh ekosistem digital Indonesia," ucap Johnny.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id