Mengenal Makna CT Value dalam Tes PCR

    MetroTV - 21 Juli 2021 17:33 WIB
    Mengenal Makna CT Value dalam Tes PCR
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Solo: Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) tengah akrab di telinga masyarakat sejak kehadiran pandemi covid-19. Masyarakat seringkali hanya berfokus pada status positif atau negatif, nyatanya angka cycle threshold (CT) value pun disebut memegang peranan penting.

    Spesialis Patologi Klinik RS UNS Surakarta, Tonang Dwi Ardryanto menjelaskan CT Value bertujuan menunjukkan gambaran seberapa banyak seseorang harus melakukan proses cycle agar jumlah deoxyribonucleic acid (DNA) pada sampel melewati ambang tertentu.

     



    "Angka CT Value akan berbanding terbalik dengan jumlah DNA  di dalam sampel. Semakin tinggi nilai CT-nya, jumlah DNA dalam sampel semakin rendah," kata Tonang dalam tayangan Newsline Metro TV pada Rabu, 21 Juli 2021.

    Tonang menyatakan cycle dibutuhkan secara banyak guna mendapatkan hasil yang melampaui threshold. Ia menegaskan rendahnya angka CT Value menunjukkan tingginya DNA di dalam sampel.

    "Dalam proses PCR, ada satu cycle pemberian suhu yang bertingkat, sekian detik atau menit satu cycle jumlahnya akan digandakan dalam batas tertentu," ujar Tonang.

    Tonang menyebutkan, virus covid-19 membutuhkan jumlah minimal tertentu dalam menginfeksi seseorang. Tubuh manusia mampu menghalau virus covid-19 dalam jumlah rendah.

    "Jika pengambilan tes benar, akan menunjukkan seberapa virus yang ada dalam nasofaring. Namun, jumlahnya ini tidak selalu dilihat dari gejala yang timbul,” jelas Tonang.

    Dia mengingatkan nilai CT Value tidak selalu menggambarkan berat atau ringannya gejala. Semuanya kata dia, bergantung pada tubuh manusia dalam menanggapi serta melawan virus covid-19. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id