Tak Dapat Oseltamivir di Apotek, Jokowi Telepon Menkes

    Fachri Audhia Hafiez - 23 Juli 2021 23:20 WIB
    Tak Dapat Oseltamivir di Apotek, Jokowi Telepon Menkes
    Presiden Joko Widodo menelepon Menkes Budi Gunadi Sadikin karena tidak menemukan obat untuk pasien covid-19. Foto: YouTube



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penjelasan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin karena tak menemukan obat covid-19, Oseltamivir, di salah satu apotek di Villa Duta, Bogor, Jawa Barat. Kepala Negara seketika menelepon Budi.

    "Halo Pak Menteri, ini saya cek apotek di Bogor, ini saya cari obat antivirus Oseltamivir tidak ada," kata Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 23 Juli 2021.

     



    Jokowi juga mengeluhkan tak mendapat obat Favipiravir, Azitromisin, dan suplemen vitamin D3 5000 IU. Ia hanya membawa pulang vitamin D3 1000 IU dan multivitamin mengandung zinc, MegaVite.

    "Jadi yang lain-lain obat antivirus, antibiotik, enggak ada semuanya," ucap Jokowi.

    Baca: Kembali Meningkat, Kasus Covid-19 di Jakarta Menjadi 778.520

    Budi langsung mengecek ketersediaan stok obat-obat yang dicari Jokowi melalui layanan online. Misalnya, Favipiravir di apotek Kimia Farma Tajur Baru terdapat 4.900 stok, Apotek Kimia Farma Juanda 30 ada 4.300 stok, dan Apotek Kimia Farma di Semplak Bogor 4.200 stok.

    "Jadi nanti saya double check ya, nanti saya kirim ke ajudan Bapak. Itu ada data online yang ada di rumah sakit. Itu bisa dilihat by kota, segala macam," ucap Budi.

    Menurut Budi, data stok obat-obatan yang dibutuhkan bisa dicek oleh masyarakat via daring. Apotek yang menyediakan layanan itu, yakni Kimia Farma, Century, Guardian, dan K24.

    "Ada online bisa dibaca oleh semua rakyat, Pak," ujar Budi.

    Jokowi memutuskan untuk mengecek ketersediaan stok vaksin di apotek yang dibeberkan Budi. Hal itu guna memastikan stok obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat masih tersedia.

    "Saya coba ke sana saja, saya beli itu. Coba ada (atau) enggak," kata Jokowi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id