BOR RS di Jawa Tengah dan Jawa Barat Menurun

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Juli 2021 19:03 WIB
    BOR RS di Jawa Tengah dan Jawa Barat Menurun
    Ilustrasi tempat tidur untuk pasien covid-19. ANT



    Jakarta: Kementerian Kesehatan menyebut mayoritas kapasitas tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan covid-19 di seluruh provinsi Jawa dan Bali relatif stabil. Terkhusus di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah terjadi penurunan BOR ketimbang minggu sebelumnya.

    "Tingkat kapasitas tempat perawatan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah menurun sampai dengan di bawah 80 persen sehingga kapasitas respons perawatan yang semula terbatas menjadi kapasitas yang levelnya sedang," ujar juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Nadia memerinci BOR di Jawa Barat turun hingga 79 persen ketimbang minggu lalu yang mencapai 89 persen. Seluruh kabupaten dan kota melaporkan penurunan BOR.

    "BOR tertinggi atau 90 persen adalah di Kabupaten Ciamis yang memiliki 118 tempat tidur dan yang terendah adalah Kabupaten Garut yaitu 46,7 persen yang memiliki 761 tempat tidur," tutur dia.

    (Baca: Kabupaten Malang Tambah 120 Bed di RS Rujukan Covid-19)

    Sementara itu, BOR di Provinsi Jawa Tengah turun hingga 77,6 persen ketimbang minggu lalu yang mencapai 86,47 persen. Mayoritas kabupaten dan kota melaporkan BOR menurun atau relatif tetap.

    "Pengecualian khususnya Kabupaten Pekalongan yang mengalami peningkatan dari 77,6 persen menjadi 82,9 persen, walaupun jumlah tempat tidur sudah bertambah menjadi 98 dari minggu sebelumnya sebanyak 87 tempat perawatan," papar dia.

    Selain itu, BOR Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Banten, dan DKI Jakarta disebut relatif stabil ketimbang minggu sebelumnya. Sedangkan, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali mengalami peningkatan BOR. 

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id