Anak Diminta Membantu Orang Tua Mengakses Vaksin Gratis

    Kautsar Widya Prabowo - 04 April 2021 19:52 WIB
    Anak Diminta Membantu Orang Tua Mengakses Vaksin Gratis
    Ilustrasi vaksinasi/MI/Depi Gunawan



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut peran anak sangat penting dalam menyukseskan program vaksinasi covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia). Anak diminta membantu mobilitas orang tua yang hendak disuntik. 

    "(Terdapat) keterbatasan fisik lansia mencapai sentra vaksinasi. (Sehingga) perlu bantuan dari keluarga atau anak untuk mengantarkan ke sentra vaksinasi," ujar juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 4 April 2021. 






    Kepedulian anak itu menjadi upaya melindungi orang tua dari covid-19. Sebab, lansia merupakan kelompok paling rentan terpapar virus yang menyerang pernapasan itu. 

    Baca: Baru 8 Persen Lansia Divaksin

    "Kelompok usia di atas 60 tahun yang kita tahu memiliki risiko angka kematian dan angka kesakitan tiga kali dari populasi kelompok lainnya," tutur Nadia.

    Selain itu, karang taruna hingga anggota pramuka diminta menujukkan kepeduliaanya terhadap masyarakat sekitar. Salah satunya, dengan menyosialisasikan program vaksinasi covid-19 kepada lansia. 

    "Kita sosialisasikan (vaksin covid-19), mereka (lansia) menjadi prioritas program vaksinasi untuk melindungi diri mereka," kata Nadia. 

    Sosialisasi dapat dilakukan dengan santun dan tanpa menakut-nakuti. Sehingga, dapat timbul kesadaran terhadap lansia untuk divaksin covid-19.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id