Ditjen Dukcapil Telah Menerbitkan 59 Akta Kematian Korban Sriwijaya Air SJ-182

    Fachri Audhia Hafiez - 03 Maret 2021 19:23 WIB
    Ditjen Dukcapil Telah Menerbitkan 59 Akta Kematian Korban Sriwijaya Air SJ-182
    Pesawat Sriwijaya Air. Foto: MI



    Jakarta: Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan 59 akta kematian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Dari 59 korban terindentifikasi, Ditjen Dukcapil sudah menyerahkan dokumen kependudukan kepada 58 keluarga korban.

    "Sehingga dari total 62 korban SJ-182 berdasarkan manifes penumpang, sudah 59 jenazah yang berhasil diketahui identitasnya dan diterbitkan dokumen kependudukannya," ujar Direktur Pencatatan Sipil, Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri, Handayani Ningrum, dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 Maret 2021.






    Sementara itu, satu jenazah yang baru teridentifikasi, yakni Razanah berdomisili di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sedang diproses dokumennya. Proses berupa akta kematian atas nama korban, serta kartu keluarga dan KTP baru atas sama suami korban.

    Baca: Polri Sebut Keluarga 3 Korban SJ-182 Tak Teridentifikasi Mafhum

    Terdapat tiga korban yang belum terindentifikasi oleh tim DVI Polri. Namun, akta kematian tetap diterbitkan oleh Ditjen Dukcapil.

    "Kami akan menerbitkan dokumen akta kematian dan berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil daerah. Kemudian setelah itu sesegera mungkin kami menyerahkan dokumen tersebut kepada pihak keluarga," kata Ningrum.

    Penerbitan itu menunggu surat pernyataan kematian dari Sriwijaya Air. Menurut Ningrum, surat pernyatan kematian tersebut sebagai dasar untuk pencatatan kematian yang kemudian diterbitkan akta kematian.

    "Ini sesuai aturan Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Pasal 45 ayat (2) huruf d," ucap Ningrum.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id