comscore

Pandemi Munculkan Tren Berbagi Melalui Jasa Ekspedisi

Arga sumantri - 31 Desember 2020 01:35 WIB
Pandemi Munculkan Tren Berbagi Melalui Jasa Ekspedisi
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Kebijakan social distancing akibat pandemi covid-19 memaksa banyak aktivitas menjadi serba terbatas. Kegiatan seperti bekerja, beribadah, hingga belajar, harus dilakukan di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus.

Pandemi memunculkan sejumlah kebiasaan baru, seperti belajar dan beribadah secara daring, hingga work from home. Tak hanya itu, wabah ini rupanya juga memunculkan cara baru berbagi dengan memanfaatkan jasa ekspedisi. Baik itu sekadar mengirim bingkisan, bahkan donasi.
Keberadaan jasa ekspedisi memang menjadi sangat strategis sebagai sarana pengiriman barang ke berbagai tempat di masa pandemi.

Pengalaman berbagi lewat jasa ekspedisi ini dirasakan Annisa Dewi, 29. Minggu, 20 Desember 2020, sang ayah yang tinggal di Bandung, Jawa Barat, berulang tahun. Tapi, Annisa dan suami tak bisa menyambangi langsung karena khawatir dengan situasi pandemi.

Annisa memilih mengirim kado menggunakan layanan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dari kediamannya di Tangerang Selatan, Banten. "Dari segi biaya dan kualitas pengiriman, saya memang lebih percaya menggunakan JNE," cerita Annisa kepada Medcom.id, Rabu, 30 Desember 2020.

Selain mengirim barang, Annisa mengaku biasa menggunakan JNE ketika memesan produk di platform belanja daring. Menurut Annisa, harga pengiriman melalui JNE lebih terjangkau dan selalu tepat waktu.

Pengalaman serupa diungkapkan Adam Hairul, 30. Karyawan swasta ini mempercayakan JNE dalam mengirim satu dus penyanitasi tangan untuk kegiatan bakti sosial adik kelas perkuliahannya di Jatinangor.

"Sedang pandemi, tak bisa menyerahkan langsung, jadi pakai jasa ekspedisi. Memang saya sering gunakan JNE juga. Jadi sudah biasa," ungkap Adam.

Tren ini sejalan dengan semangat JNE yang mengusung slogan #connectinghappines. Lewat slogan ini, #jne ingin mengantarkan kebahagiaan dan memberi arti yang lebih luas di tengah masyarakat Tanah Air.

Perusahaan jasa ekspedisi yang sudah berusia 30 tahun ini juga memanfaatkan bidangnya untuk membantu sesama di masa pandemi. Contohnya, JNE menggratiskan pengiriman barang untuk penanganan covid-19.

Bekerja sama dengan Media Group, misalnya, JNE menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan beberapa keperluan lain untuk tenaga medis di 10 RSUD se-Pulau Jawa, yang masuk zona merah penyebaran covid-19. Kesepuluh rumah sakit itu yakni RSUD Karawang, RSUD dr Slamet Garut, RSUD Kota Bogor, RSUD RAA Soewondo Pati, RSUD Suraji Tirtonegoro Klaten, RSUD Sleman, RSUD Brebes, RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Dr Soewondo Kendal, dan RSUD Rehata Jepara.

Presiden Direktur JNE M Feriadi Soeprapto mengatakan, total sekitar 100 ton paket bantuan sudah dikirimkan ke 865 rumah sakit hingga saat ini. Paket bantuan juga tersalurkan untuk 450 puskesmas, serta 1.135 lembaga dan perorangan di seluruh Indonesia.

Bukan hanya itu, #jne30tahun pun menggratiskan ongkos kirim untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), wakaf Alquran, donasi yatim piatu, dan lainnya. Hal ini seolah jadi wujud nyata semangat JNE yang tahun ini juga mengusung tagline #30tahunbahagiabersama.

"Ini merupakan komitmen JNE untuk terus mengantarkan kebahagiaan, sesuai tagline connecting happiness, dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di tengah pandemi ini," kata Feriadi dalam siaran daring beberapa waktu lalu.

Selain dalam bentuk jasa ekspedisi, JNE juga memberikan donasi dalam bentuk lain selama pandemi. Misalnya, donasi Rp1 miliar untuk warga DKI Jakarta. Bantuan ini diberikan kepada Pemprov DKI melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). JNE juga menyumbang Rp150 juta untuk menyantuni 1.000 anak yatim di panti asuhan wilayah Jakarta Barat.

Atas kiprah kemanusiaan itu, JNE mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan dengan corporate social responsibility (CSR) terbaik dari Baznas Award 2020. Penghargaan ini diraih JNE berturut-turut selama dua tahun terakhir.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id