Dosis Kedua Vaksin Sinovac Membentuk Antibodi 99 Persen

    Fachri Audhia Hafiez - 16 Februari 2021 08:54 WIB
    Dosis Kedua Vaksin Sinovac Membentuk Antibodi 99 Persen
    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi. Dok. YouTube Sekretariat Presiden



    Jakarta: Pemberian vaksin covid-19 dari produsen Sinovac pada dosis kedua disebut memberikan imunogenisitas atau antibodi hingga 99 persen. Sedangkan, pembentukan antibodi pada penyuntikan dosis pertama hanya sekitar 60 persen.

    "Jadi untuk mengoptimalkan pembentukan antibodi maka harus diberikan dua kali penyuntikan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021.






    Nadia menjelaskan berdasarkan hasil uji klinik, vaksin akan bekerja maksimal setelah 28 hari penyuntikan dosis kedua. Antibodi akan terbentuk secara optimal setelah rentang waktu tersebut.

    Penyuntikan dosis kedua diberikan 14 hari setelah vaksinasi dosis pertama. Khusus kelompok lanjut usia (lansia), rentang waktu penyuntikan 28 hari.

    Vaksin covid-19 dari produsen lain memiliki jangka waktu penyuntikan dosis kedua yang berbeda. Sinopharm dan Novavax 21 hari, sedangkan Astrazeneca dan Moderna 28 hari.

    "Sebagian besar vaksin untuk covid-19 ini, imunogenitas atau antibodi yang kita harapkan lebih dari 95 persen," ujar Nadia.

    Baca: Besok, Pekerja Publik dan Lansia Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

    Nadia mengingatkan masyarakat masih berpotensi terinfeksi covid-19 meski sudah diimunisasi. Vaksin berfungsi melindungi dari gejala covid-19 yang berat atau mematikan.

    "Masih mungkin diserang virus covid-19, tapi dengan dia punya vaksin, dia punya pertahanan yang artinya nanti membuat dia tidak menjadi sakit," jelas Nadia.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id