Alasan Polisi Belum Perbolehkan Munarman Bertemu Pengacara

    Siti Yona Hukmana - 01 Mei 2021 08:20 WIB
    Alasan Polisi Belum Perbolehkan Munarman Bertemu Pengacara
    Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Polisi membeberkan alasan belum memperbolehkan tersangka pidana terorisme Munarman bertemu tim kuasa hukum. Eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Front Pembela Islam (FPI) itu ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya.

    "Penyidik ingin konsentrasi, fokus mendalami dan menelusuri kasus-kasus tersebut," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021.






    Menurut Ramadhan, penyidik memiliki waktu yang lama memeriksa tersangka terorisme. Berbeda dengan kasus lainnya. Pelarangan pengacara bertemu Munarman diyakini kepolisian tidak menyalahi Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

    "Penyidikan kasus terorisme itu berbeda hukum acara pidana dengan kasus biasa," ujar Ramadhan.

    Baca: Polri Persilakan Munarman Ajukan Praperadilan

    Sebelumnya, kuasa hukum Munarman Ann Noor Qumar mengaku dua kali ditolak polisi bertemu Munarman. Pertama, saat Munarman digelandang ke Polda Metro Jaya pada Selasa, 27 April 2021 dan esokan harinya saat mengantarkan pakaian serta makanan.

    Qumar mengaku akan mengadu ke anggota DPR dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Menurutnya tindakan polisi sudah menyalahi aturan KUHAP dan HAM.

    Munarman ditangkap di kediamannya Perumahan Modern Hills, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa, 27 April 2021. Munarman ditangkap buntut dugaan terlibat pembaiatan di beberapa lokasi.

    Pertama, pembaiatan di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Kemudian, pembaitan di Makassar dan Medan. Polisi menyebut pembaiatan di Makassar terafiliasi dengan jaringan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS).

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id