Pemerintah Jangan Tutup Kuping Terkait Saran Program Vaksinasi Covid-19

    Anggi Tondi Martaon - 22 Oktober 2020 19:45 WIB
    Pemerintah Jangan Tutup Kuping Terkait Saran Program Vaksinasi Covid-19
    Ilustrasi obat korona. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta tak tutup kuping dengan masukan yang disampaikan oleh sejumlah pihak, khususnya pakar terkait program vaksinasi covid-19. Masukan dari berbagai pihak penting agar program tersebut berjalan dengan baik.

    "Menjelang pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang direncanakan dimulai pada November 2020, memang banyak masukan dan informasi yang berkembang," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Salah satunya masukan yang disampaikan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. Himpunan yang lebih dikenal dengan PAPDI itu meminta pemerintah tidak tergesa-gesa melakukan vaksinasi sebelum keamanan dan efektivitasnya terjamin.

    "Vaksin covid-19 yang akan digunakan harus sudah terbukti efektivitas, keamanan, dan imunogenisitasnya melalui uji klinik sesuai tahapan pengembangan vaksin baru," kata perempuan yang akrab disapa Rerie.

    Baca: Epidemiolog Unair Minta Vaksinasi Bertahap dan Jangan Terburu-buru

    Selain itu, pemerintah diminta terbuka terhadap program vaksinasi yang direncanakan. Misalnya, kualitas vaksin yang akan digunakan.

    "Pemerintah harus mampu mengomunikasikan teknis pengaplikasian vaksinasi covid-19 dengan benar dan tepat kepada masyarakat," kata dia.

    Politikus NasDem itu tak ingin upaya pemerintah tersebut justru ditentang masyarakat. Sebab, proses vaksinasi cenderung tertutup.

    "Jangan sampai karena kesalahan dalam mengomunikasikan proses vaksinasi covid-19, menggagalkan upaya pengendalian penyebaran virus korona secara keseluruhan," ujar dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id