Hari Peduli Sampah, Plastik Masih Jadi Sorotan

    Medcom - 20 Februari 2021 18:00 WIB
    Hari Peduli Sampah, Plastik Masih Jadi Sorotan
    Aksi tolak penggunaan plastik dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasiona.



    Jakarta: Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang dirayakan setiap tanggal 21 Februari, aktivis lingkungan menyoroti masih tingginya penggunaan plastik sebagai kemasan, mulai dari makanan ringan hingga air mineral.
     
    “Sampah plastik masih menjadi pekerjaan rumah yang mesti kita tuntaskan,” kata aktivis lingkungan Ummi Tuti Asmawi, Sabtu, 20 Februari 2021.
     
    Ummi mengatakan, warga harus sudah dapat memilah jenis sampah mulai dari rumah masing-masing, dengan pendekatan 3R (reuse, recycling dan reduce). Namun, tingkat kesadaran di masyarakat masih rendah. Padahal itu dapat mengurangi sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir.
     
    Koordinator Bank Sampah Universitas Budi Luhur Jakarta ini mengungkap potensi bahaya peredaran plastik kemasan termasuk botol dan galon .
     
    “Itu yang berpotensi menambah tumpukan sampah plastik. Dengan ukuran botol saja, bisa mencemari laut, kebayang lima tahun lagi kalau galon jadi sampah laut,” kata Ummi.
     
    Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Ummi bersama relawan bank sampah Universitas Budi Luhur Jakarta, membuat replika monumen nasional dari berbagai macam sampah plastik.
     
    “Setop penambahan sampah plastik, setop peradaban penggunaan plastik kemasan sekali pakai. Ini salah satu peringatan kita, jika warga DKI tidak mulai dari sekarang untuk pilah sampah dari rumah dan tetap membuang sampah sembarangan, Monas yang tingginya menjulang akan tertutup oleh sampah yang kita buang sembarangan,” katanya.

    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id