Ibu Hamil Sudah Diizinkan Mendapat Vaksinasi Covid-19

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Agustus 2021 21:53 WIB
    Ibu Hamil Sudah Diizinkan Mendapat Vaksinasi Covid-19
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperbolehkan ibu hamil disuntik vaksin covid-19. Hal itu tertuang dalam surat edaran (SE) HK.02.01/I/2007/2021 tentang vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian screening dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19.

    Aturan itu ditandatangani Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rendonuwu. "Mulai tanggal 2 Agustus 2021 dapat dimulai pemberian vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi," isi SE HK.02.01/I/2007/2021, yang dikutip Medcom.id, Senin, 2 Agustus 2021.

     



    Vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil berjenis Pfizer dan Moderna, serta Sinovac sesuai ketersediaan. Pemberian dosis pertama dimulai pada trimester kedua kehamilan dan dosis pertama dilakukan sesuai dengan interval jenis vaksin.

    Ibu hamil juga harus menjalani serangkain proses screening. Seperti pemeriksaan tensi hingga pendataan riwayat penyakit yang sempat diderita.

    Baca: Vaksinasi Anak di Bekasi Dimulai 4 Agustus

    Vaksinasi ibu hamil telah direkomendasikan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Ibu hamil disebut sebagai salah satu kelompok rentan terpapar virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, tersebut.

    "Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi covid-19 menjadi berat dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil," katanya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id