Rerie: Prokes Mengendur Akibat Masyarakat Euforia Vaksinasi

    Theofilus Ifan Sucipto - 09 Juni 2021 14:54 WIB
    Rerie: Prokes Mengendur Akibat Masyarakat Euforia Vaksinasi
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa



    Jakarta: Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat (Rerie), menilai lonjakan kasus covid-19 di beberapa daerah akibat euforia masyarakat terhadap vaksin. Hal itu diperparah dengan sejumlah pelonggaran dan mobilitas masyarakat yang membeludak.

    "Semua jadi euforia, sehingga penjagaan terhadap diri sendiri mengendur," kata Rerie dalam Forum Diskusi Denpasar 12 bertajuk Alarm Bahaya Ledakan Gelombang Baru dan Antisipasinya secara virtual, Rabu, 9 Juni 2021.

     



    Rerie menyayangkan kasus covid-19 di Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jawa Barat meningkat. Padahal, pemerintah sudah berupaya meniadakan mudik dan menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan (prokes).

    "Bangun kembali kesadaran dan pemahaman sosial, solidaritas saling jaga yang harus kita gencarkan," kata politikus Partai NasDem itu.

    Baca: Redam Lonjakan Kasus Covid-19, Pemerintah dan Masyarakat Diminta Bersinergi

    Rerie menegaskan pembahasan covid-19 bukan sekadar penyakit namun juga ketahanan Indonesia sebagai bangsa. Pandemi juga menghantam sektor lain seperti ekonomi hingga sosial.

    Menurut Rerie, masyarakat perlu berkaca dari kasus di India. Penanganan virus berbahaya di Negeri Barata itu sempat diacungi jempol oleh dunia. Namun, dalam sekejap kasus covid-19 justru kembali meroket.

    "Ada bel, alarm, dan wake up call buat kita yang harus merumuskan langkah-langkah, merapatkan barisan mengantisipasi gelombang dan ledakan kasus covid-19 baru," tegas dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id