Headline News

    50 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Tiba di Bandara Soetta

    MetroTV - 22 Juli 2021 21:49 WIB
    50 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Tiba di Bandara Soetta
    Sebagian besar dari 50 perempuan dan 13 laki-laki yang dipulangkan merupakan pekerja migran kategori rentan.



    Tangerang: Sebanyak 63 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.30 WIB, Kamis, 22 Juli 2021. Sebagian besar dari 50 perempuan dan 13 laki-laki yang dipulangkan merupakan pekerja migran kategori rentan.

    “Kondisi kerentanan yang sakit itu tercatat ada 35 orang, kemudian untuk ibu dan anak tercatat sebanyak 22, lansia ada 5, dan ibu hamil ada 1 orang,” ucap jurnalis Metro TV Jean Willyam melaporkan dari  dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk tayangan Headline News, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Para pekerja migran sebelumnya sudah melalui serangkaian prosedur protokol kesehatan serta terkonfirmasi negatif covid-19. Setibanya di Indonesia mereka pun harus mengikuti prosedur yang ada dari bagian kedatangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

    “Serangkaian proses untuk pemulangan dari 63 PMI sudah dilakukan tadi didampingi juga dari pihak BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia),” jelas Jean.

    Sebanyak 63 pekerja migran dibawa ke RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, untuk menjalani karantina selama delapan hari. Setelah itu, mereka dapat pulang ke daerah asalnya masing-masing.

    Tercatat 19 orang berasal dari Jawa Timur, 16 orang dari Sumatra Utara, 5 orang dari Aceh, 4 orang Jawa Barat, 4 orang dari Riau, serta 3 sisanya berasal dari provinsi lain di Indonesia.

    Pekerja migran ini pergi ke Malaysia untuk bekerja namun tidak sesuai prosedur. Ini juga merupakan bagian dari rencana pemulangan sebanyak 7.200 pekerja migran Indonesia yang terkendala di imigrasi di Malaysia.

    “Sudah ada sebanyak sekitar 270-an PMI yang dipulangkan dari Malaysia yaitu pada tanggal 24 dan juga 27 Juni yang lalu,” ujar Jean.

    Sekitar 6.900 orang PMI yang masih berada di Malaysia dan belum bisa dipulangkan. BP2MI akan terus bekerja sama dengan Kementerian dan lembaga terkait dan pihak Malaysia untuk memulangkan PMI yang masih ada di sana. (Widya Finola Ifani Putri)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id