Selamat Pagi Indonesia

    KPAI Desak Kualitas Belajar Jarak Jauh Ditingkatkan, PTM untuk Kejar Materi

    MetroTV - 15 September 2021 10:57 WIB
    KPAI Desak Kualitas Belajar Jarak Jauh Ditingkatkan, PTM untuk Kejar Materi
    Ilustrasi siswa belajar tatap muka. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Hantaman pandemi covid-19 mengharuskan anak menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti, mendesak kualitas PJJ harus ditingkatkan.

    “Kalau kita mau meningkatkan, kualitas PJJ harus ditingkatkan. PTM-nya untuk mengatasi berbagai ketinggalan materi,” kata Retno dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 15 September 2021.

     



    Sebelumnya, Bupati Cianjur Herman Suherman menemukan siswa kelas IV sekolah dasar (SD) yang tidak bisa membaca saat memantau pembelajaran tatap muka (PTM). Hal ini dipercaya merupakan dampak dari PJJ.

    Namun, Retno tak yakin PJJ jadi penyebab siswa jadi tak bisa membaca. Dia pun tak sepakat PTM dipaksaan dengan alasan tersebut.

    “Ini disebut learning loss, sehingga kemudian mendorong PTM. Apakah ini bisa diatasi dengan PTM? Belum tentu juga,” ujar Retno.

    Retno menilai pemberlakukan PTM hanya dibatasi sebanyak 50 persen. Peningkatan kualitas PJJ guna mencegah terjadinya hal serupa di wilayah lain. Berbagai dampak negatif dari PJJ harus segera diatasi.

    “Bupati Cianjur meminta adanya pelajaran tambahan, ini hal positif. Tapi apabila pelajarannya lebih mendorong guru datang door-to-door, mungkin akan menjadi beban,” jelas Retno.

    Retno menjelaskan dua jenis pembelajaran yang harus dihadapi para guru memberikan tantangan tersendiri. Berbagai dampak seperti kecanduan gadget pun dialami oleh para anak di tengah pemberlakuan PJJ.

    “Sebaiknya ada pemetaan materi. Jadi upaya untuk mencegah learning loss dengan memberikan materi sulit di PTM dan materi mudah hingga sedang di PJJ,” terangnya. (Nadia Ayu)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id