Senjata Andika Perkasa Menangani Konflik Tak Berujung di Papua

    Fachri Audhia Hafiez - 06 November 2021 17:30 WIB
    Senjata Andika Perkasa Menangani Konflik Tak Berujung di Papua
    Calon Panglima TNI Andika Perkasa. Istimewa



    Jakarta: Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus mengungkap formula calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menangani konflik di Papua. Hal itu disampaikan Andika saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I.

    "Yang beliau angkat bagaimana pendekatan penyelesaian Papua dengan memanfaatkan operasi pembinaan teritorial," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu, 6 November 2021.

     



    Lodewijk menyebut Andika tidak menggunakan sistem senjata sebagai pilihan utama menyelesaikan masalah di Papua. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu mau menempuh jalur komunikasi.

    "Lebih kepada sistem senjata sosial artinya komunikasi. Andalan dia bukan (melibatkan) satuan tempur tapi satuan-satuan teritorial yang digelar mulai dari Babinsa, Kodim, itu yang diperkuat," ujar Lodewijk.

    Prinsip Andika, kata Lodewijk, memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Pendekatan lunak akan terus dilakukan prajurit TNI.

    "Artinya, ada pendekatan lunak yang dia lakukan, pendekatan sosial yang dilakukan ujung masalahnya juga bisa diselesaikan. Kita berharap demikian," ucap Lodewijk.

    Komisi I menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto. Keputusan itu diambil setelah Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) oleh Komisi I.

    Andika menjadi calon tunggal menggantikan posisi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan mengakhiri masa baktinya pada akhir November 2021. Dia menjadi calon tunggal melalui surat yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR lewat Surat Presiden (Surpres) bernomor R-50/Pres/10/2021.

    Baca: Pemerintah Didorong Pakai Pendekatan Ideologis Selesaikan Masalah di Papua
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id