Pemerintah Berdayakan Pasien Isolasi Kelompok Covid-19

    Siti Yona Hukmana - 07 April 2020 04:12 WIB
    Pemerintah Berdayakan Pasien Isolasi Kelompok Covid-19
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto/Medcom.id/Yurike Budiman.
    Jakarta: Pemerintah memberdayakan pasien korona (covid-19) yang menjalani isolasi kelompok. Mereka bakal dipinjami mesin jahit untuk membuat masker kain.

    "Saya yakin teman-teman kita yang melakukan isolasi secara kelompok memiliki keterampilan menjahit, kita pinjami mesin, kita berikan kain. Dia juga akan produktif untuk bisa membuat masker kain, ini menjadi penting," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona (covid-19), Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 6 April 2020. 

    Baca: Pasien Positif Korona Menjadi 2.491, 192 Sembuh

    Yurianto menyebut niatan ini berkaca pada kelompok ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Mereka menjahit masker untuk dibagikan kepada masyarakat. 

    "Mereka bisa menyelesaikan 240 ribu masker dalam satu pekan dengan menggunakan bahan baku yang mereka belanjakan dari dana desa dan donasi masyarakat," ujar Yurianto. 

    Yurianto menyebut pemberdayaan ini memberikan dampak positif. Sebab produktifitas seseorang ketika karantina, sangat berpengaruh. 

    Menurut dia, pasien produktif diyakini cepat sembut dalam masa inkubasi 14 hari. Meski demikian, hal tersebut tak bisa dipaksakan. Sebab dampaknya tak baik jika pasien menjahit dalam keadaan tertekan.

    "Secara ilmu diketahui perasaan gembira, perasaan tidak tertekan, perasaan tidak stres itu sangat mempengaruhi perbaikan pada status imunitas seseorang. Kalau orang itu sedih, stres, orang itu ketakutan maka membuat penyakitnya semakin parah," kata Direktur Jenderela Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu.




    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id