Papua Siap Lahirkan 100 Startup

    Medcom - 29 Oktober 2019 10:12 WIB
    Papua Siap Lahirkan 100 Startup
    Presiden Joko Widodo melihat maket gedung Papua Youth Creative Hub. Foto: Istimewa
    Jakarta: Papua siap melahirkan 100 startup sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan pembangunan Papuan Youth Creative Hub atau Papua Muda Inspiratif, di Jayapura, Papua, kemarin. Saat ini sudah ada 265 orang pemuda dan pemudi asli Papua yang antusias membangun ekonomi kreatif berbasis teknologi.

    "Target 100 startup atau pergerakan sosial ini sebagai langkah pemuda berkontribusi mempercepat pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua di bidang-bidang kritikal," kata salah satu direktur dan pendiri dari PT Papua Muda Inspiratif, Neil Aiwoy, Selasa, 29 Oktober 2019.
     
    PT Papua Muda Inspiratif dipercaya membangun Papuan Youth Creative Hub. Perusahaan itu didirikan oleh 21 Pemuda dan pemudi asli Papua dari tujuh wilayah adat yang memiliki usaha dan kegiatan sosial di bidang yang berbeda-beda. Gerakan Papua Muda Inspiratif ini sejak awal didukung dan difasilitasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN). 

    "Anak-anak muda Papua perlu untuk didukung mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan membangun startup dan social entrepreneurship," kata Kepala BIN Budi Gunawan.
     
    Direktur PT Papua Muda Inspiratif, Billy Mambrasar, mengatakan Papuan Youth Creative Hub akan dibangun di jalan Vim, di wilayah Kotaraja, Jayapura. Total lahan yang disediakan seluas 1,5 hektare. 

    Di atas lahan tersebut akan dibangun sebuah pusat pengembangan kreativitas, bisnis, dan inovasi seluas 6.000 meter persegi. Terdiri atas ruangan untuk belajar tentang bisnis, teknologi internet, pemrograman, dasar-dasar pengembangan startup, serta asrama untuk menampung sekitar 100 pemuda. Para pemuda ini kelak akan mengikuti program belajar bisnis selama 1-2 bulan.

    "Papuan Youth Creative Hub juga akan dijadikan pusat kegiatan pengembangan diri yang di dalamnya termasuk pengajaran komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen," kata Billy.
    Papua Siap Lahirkan 100 Startup
    Maket gedung Papua Youth Creative Hub. Foto: Istimewa
     

    Menjaring pemuda


    Salah satu pendiri PT Papua Muda Inspiratif, Nani Uswanas, menyatakan akan berkeliling ke berbagai daerah untuk menjaring pemuda Papua berpotensi. 

    "Kami akan roadshow bisnis di tujuh kota di Papua dan Papua Barat, serta empat kota studi di luar Papua, seperti Manado, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Ini dilakukan untuk mendorong lebih banyak lagi pemuda dan pemudi Papua bergabung dalam gerakan ini," kata Nani yang juga penggerak usaha kuliner di Kota Fakfak, Papua Barat.

    Presiden Joko Widodo mengapresiasi gagasan dibangunnya pusat kreativitas pemuda, Papua Muda Inspiratif. "Itu adalah sebuah rencana besar. Papua Muda Insipiratif yang segera kita bangun bersama-sama nantinya, yaitu sebuah Papua Youth Creative Hub," kata Presiden Jokowi, Senin, 28 Oktober 2019.

    Presiden berharap muncul unicorn dan decacorn baru dari wilayah Indonesia bagian timur, khususnya dari Papua. Unicorn adalah istilah untuk perusahaan rintisan bervaluasi lebih dari USD1 miliar, sedangkan decacorn adalah istilah perusahaan rintisan dengan valuasi di atas USD10 miliar.

    "Kita harapkan muncul unicorn-unicorn baru dari Indonesia bagian timur, khususnya Tanah Papua. Akan muncul decacorn-decacorn dari sini, sehingga betul-betul kemajuan anak-anak muda yang ada di tanah Papua betul-betul terwadahi di dalam creative hub yang segera kita bangun ini," jelasnya

    Jokowi menambahkan pusat kreativitas pemuda ini akan menandai pentingnya lompatan-lompatan besar anak-anak muda Indonesia, khususnya anak-anak muda Papua, dalam rangka berkompetisi di dunia global.

    "Saya sangat menyambut baik, yang pintar-pintar, yang kreatif, yang inovatif itu dikumpulkan dalam sebuah wadah besar yang namanya Papua Muda Inspiratif. Ini betul-betul akan memberikan dampak yang besar bagi tanah Papua," ujarnya.





    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id