ASN Berprestasi Boleh Bekerja di Rumah

    Kautsar Widya Prabowo - 14 Agustus 2019 15:17 WIB
    ASN Berprestasi Boleh Bekerja di Rumah
    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menyebut wacana bekerja di rumah hanya untuk Apartur Sipil Negera (ASN) berprestasi. Sistem kerja ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju.

    "Jadi aparat yang punya prestasi diperbolehkan bekerja satu hari di rumah, tapi bekerja," ujar Syafruddin di Kemenpan-RB, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Agustus 2019. 

    Salah satu negara yang menerapkan sistem ini ialah Australia. Negeri kanguru itu memberikan satu hari khusus bagi aparatur yang berprestasi. 

    "Aparatnya yang punya prestasi, kalau yang malas enggak boleh, saat hari Rabu. Dia kerja bukan tidak kerja," jelasnya. 

    Menurut dia, wacana tersebut bukan mustahil diterapkan di Indonesia. Terlebih, para ASN telah dibekali peralatan dan sistem yang canggih dalam bekerja.

    "Dulu konvensional masih mengetik masih menggunakan mesin ketik, atau menerima pelayanan publik yang head to head, tapi sekarang serba-serba (canggih)," tuturnya.

    Baca: Tak Semua PNS Bisa Kerja di Rumah

    Sebelumnya, Kemenpan-RB tengah mendesain sistem kerja baru bagi ASN di kementerian dan lembaga. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatma mengaku ingin ASN bekerja lebih fleksibel dengan meniru perusahaan rintisan atau startup.

    Fleksibilitas kerja dinilai penting menyusul akan terjadi perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.
     
    "Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata Setiawan di Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id