comscore

Wapres Ingin Perguruan Tinggi Beri Solusi Masalah Pengangguran

Antara - 05 Januari 2022 11:52 WIB
Wapres Ingin Perguruan Tinggi Beri Solusi Masalah Pengangguran
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta seluruh perguruan tinggi memberikan solusi atas masalah pengangguran di Indonesia. Caranya, memperkuat kerja sama di bidang ketenagakerjaan.

"Perguruan tinggi harus mampu memberikan solusi atas permasalahan pengangguran di Indonesia dan di ASEAN," kata Wapres dilansir dari Antara, Jakarta, Rabu, 5 Januari 2022.
Wapres juga meminta perguruan tinggi memainkan perannya dalam membawa kepentingan Indonesia di kawasan ASEAN. Sehingga Indonesia dapat mencapai reputasi baik di tingkat internasional.

"Untuk menggapai reputasi internasional dibutuhkan kerja keras, komitmen kuat, dan kebersamaan," ucapnya.

Ma'ruf mengatakan guna menempatkan kepentingan Indonesia di tingkat global, perguruan tinggi harus memberikan rekomendasi terkait isu prioritas yang menjadi kepentingan Indonesia di Kawasan ASEAN. Baik di bidang politik, ekonomi, sosial, maupun budaya.

Baca: Kampung Marketer, Solusi Masalah Pengangguran di Desa Tanpa Urbanisasi

Ma'ruf berpesan pula agar perguruan tinggi di seluruh daerah dapat menjawab tantangan dan kebutuhan ASEAN di sektor ekonomi. Beberapa di antaranya, dengan pemulihan ekonomi, keberlanjutan pembangunan, dan ekonomi digital.

"Perguruan tinggi terus mendorong komitmen pemerintah untuk melaksanakan integrasi ekonomi ASEAN yang modern dan maju," tutur Ma'ruf.

Menjelang posisi Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2023, Wapres meminta perguruan tinggi memanfaatkan peran tersebut dengan memperluas kerja sama di sektor pendidikan melalui ASEAN University Network.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id