comscore

Jakarta adalah Kunci dalam Perang Melawan Omicron

MetroTV - 18 Januari 2022 11:20 WIB
Jakarta adalah Kunci dalam Perang Melawan Omicron
Tangkapan layar Metro TV
Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut DKI Jakarta sebagai medan perang pertama melawan virus korona Omicron. Musababnya, hampir sebagian besar penularan lokal varian Omicron terjadi di Ibu Kota.

"DKI Jakarta merupakan medan perang pertama dan kita harus memastikan bisa menangani kasus Omicron," kata Budi dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Selasa, 18 Januari 2022.
Per 15 Januari 2022, terdeteksi 720 kasus Omicron dalam satu hari di DKI Jakarta. Sebanyak 78 persen atau 567 kasus berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Sisanya, sebanyak 153 pasien Omicron merupakan hasil dari penularan lokal.

Jakarta menyumbang sebanyak 90 persen penularan lokal varian Omicron di Indonesia. "Dari 90 persen tranmisi lokal ini terjadi di DKI Jakarta," ujar Budi.

Meski sebagian besar penularan varian Omicron ini berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), pemerintah hingga kini belum melarang warga untuk ke luar negeri.

Baca: Luhut Sebut Puncak Omicron Februari - Maret 2022, Netizen: Batal Mudik Lagi

Pemerintah memastikan telah memiliki sistem pertahanan yang kuat dalam menghadapi varian baru covid-19 itu. Dari sisi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, ada lebih dari 400 ribu unit, yang 30 persen atau sekitar 120 ribu disiapkan untuk pasien covid-19.

Fasilitas kesehatan juga telah memiliki stok paxlovid, obat yang mampu mengurangi gejala yang ditimbulkan virus mematikan tersebut. Total ada 400 ribu tablet paxlovid yang sudah masuk Indonesia.
 
"Rencananya, kita juga akan produksi (obat) di Indonesia pada Maret dan April. Jadi, ketika Omicron sampai pada puncaknya, kita sudah siap," tutur Budi. (Paulina Wijaya)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id