comscore

Menkes: Orang Tua Semangat Sekali Ikut Vaksin Booster

M Iqbal Al Machmudi - 18 Januari 2022 16:20 WIB
Menkes: Orang Tua Semangat Sekali Ikut Vaksin <i>Booster</i>
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyambut baik masyarakat menerima vaksin ketiga atau booster. Budi mengungkapkan banyak masyarakat terutama orang tua sangat tertarik disuntik booster.

"Sejak kick off 12 Januari 2022 sudah 170.095 orang menerima vaksin booster. Dan orang-orang tua kita sangat semangat sekali untuk ini," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Januari 2022.
Budi menuturkan Jawa Barat menjadi provinsi paling banyak warganya disuntik booster mencapai 40.175 orang. Kemudian diikuti Jawa timur 25.984 orang dan DKI Jakarta 25.660 orang.

Vaksinasi booster dapat disuntikkan dengan jarak minimal 6 bulan setelah dosis kedua. Pemerintah menargetkan 21,5 juta orang disuntikkan vaksin booster pada Januari 2022.

Vaksin booster menggunakan merek Pfizer dan AstraZeneca dengan primer Sinovac akan diberikan setengah maupun full dosis. Uji klinis oleh konsorsium UNPAD, Litbangkes Kemenkes, dan UI menunjukkan pemberian dosis setengah maupun full memiliki efektivitas sama.

Sementara itu, booster Pfizer dan Moderna dengan primer AstraZeneca akan diberikan setengah dosis. Budi menuturkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menganjurkan penyuntikan vaksin booster sebaiknya hanya dengan setengah dosis vaksin karena KIPI yang tinggi.

"Jadi, untuk mengurangi KIPI kita akhirnya mengambil keputusan dengan setengah dosis dan memudahkan di lapangan juga," ujar Budi.

Baca: Mengintip Antusiasme Warga Ikut Vaksinasi Booster
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id