Bank Tanah Ditargetkan Rampung Awal 2022

    Theofilus Ifan Sucipto - 18 Oktober 2021 15:44 WIB
    Bank Tanah Ditargetkan Rampung Awal 2022
    Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Foto: Medcom.id/Surya Perkasa.



    Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN), Sofyan Djalil, mengatakan pembentukan Bank Tanah hampir rampung. Bank Tanah nantinya berfungsi mengatur dan menata tanah secara lebih tertib.

    "Sudah tahap final insyaallah paling lambat akhir tahun atau awal Januari (2022) punya Bank Tanah tahap pertama," kata Sofyan dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 18 Oktober 2021.

     



    Sofyan menyebut pihaknya dalam waktu dekat menggelar rapat harmonisasi Peraturan Presiden (Perpres) tentang Bank Tanah. Rapat juga membahas Peraturan Pemerintah (PP) ihwal pemasukan modal.

    "Insyaallah sebelum akhir tahun modal masuk, Perpres sudah terurus," ujar dia.

    Sofyan berharap Bank Tanah menyelesaikan masalah jangka pendek dan jangka panjang terkait tanah. Sehingga, tanah di Indonesia betul-betul untuk kesejahteraan masyarakat.

    Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat ini tengah menggagas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Bank Tanah. Pembahasan dilakukan tengah dilakukan dan segera diundangkan.

    Baca: Bank Tanah Solusi Ketersediaan Tanah untuk Perumahan Rakyat

    Pembentukan Bank Tanah juga sesuai mandat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja. Hal tersebut diturunkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 Tahun 2021 tentang Badan Bank Tanah.

    Bank Tanah merupakan sebuah Badan Hukum Indonesia yang melaksanakan sebagian kewenangan khusus untuk pengelolaan pertanahan secara independen dan fleksibel. Badan itu juga memastikan ketersediaan tanah untuk kepentingan umum, sosial, pembangunan nasional, konsolidasi lahan, serta pemerataan ekonomi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id