Kader GP NasDem Penyintas Covid-19 Diminta Mendonorkan Plasma Konvalesen

    Anggi Tondi Martaon - 13 Agustus 2021 22:18 WIB
    Kader GP NasDem Penyintas Covid-19 Diminta Mendonorkan Plasma Konvalesen
    Prananda Surya Paloh, anggota DPR RI dari Partai NasDem. Foto: MI/Pius Erlangga



    Jakarta: Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Garda Pemuda (DPP GP) NasDem Prananda Surya Paloh menginstruksikan seluruh masyarakat di Indonesia menggelar aksi donor darah dan donor plasma konvalesen. Pasalnya, plasma konvalesen sangat dibutuhkan penderita covid-19.

    "Begitu besar manfaat dari plasma konvalesen ini bagi pasien covid-19, di antaranya berperan menurunkan jumlah virus dalam tubuh hingga menjaga sel tetap utuh guna mencegah organ hati, ginjal, paru, dan jantung mengalami kerusakan," kata Prananda melalui keterangan tertulis, Jumat, 13 Agustsu 2021.

     



    Anggota Komisi I itu menyebut kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi. Sebab, jumlah masyarakat yang terpapar covid-19 masih tinggi.

    Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem itu mengajak kader GP NasDem berstatus penyintas mengikuti program donor konvalesen melalui program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma). Sehingga, dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

    "Kader GP NasDem khususnya harus menjadi garda terdepan dan menjadi ujung tombak partai dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat," kata dia.

    Baca: 50 Ribu Lebih Data Kasus Covid-19 Belum Diperbarui

    Kegiatan donor darah biasa dan plasma konvalesen oleh GP NasDem DKI sudah digelar selama dua hari (13-14 Agustus 2021) di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kegiatan tersebut diapresiasi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

    "Pertama saya beryukur dapat penghormatan bisa meninjau langsung donor darah dan donor plasma konvalesen yang diselenggerakan Garda Pemuda NasDem hari ini. Ini kegiatan luar biasa untuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat," kata Riza.

    Dia mendorong masyarakat penyintas covid-19 bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen di tengah suasana pandemi ini. "Saya ingin mendorong masyarakat agar bisa mendonorkan darah dan plasma konvalesen bagi masyarakat lainnya yang tengah membutuhkan sekali," ajak Riza.

    Sementara itu, Ketua DPW GP NasDem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh, mengatakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen ini digelar sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke 76 Indonesia. Diharapkan kegiatan tersebut bisa membantu para pasien covid-19.

    "Termasuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini," jelas Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta ini.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id