Akhirnya, Fitur Ini Muncul di Pedulilindungi Usai Viral

    Cindy - 15 September 2021 17:32 WIB
    Akhirnya, Fitur Ini Muncul di Pedulilindungi Usai Viral
    Aplikasi PeduliLindungi punya fitur baru. Foto: A Firdaus/Medcomid.



    Jakarta: Kementerian Kesehatan akhirnya menepati janjinya dengan meluncurkan fitur baru dalam aplikasi PeduliLindungi. Fitur baru ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang menerima vaksinasi covid-19 di luar negeri.

    Mereka akan memperoleh Kartu Verifikasi Vaksinasi Non-Indonesia (VNI). Hal ini agar WNI dan WNA yang memiliki sertifikat vaksin dari luar negeri tetap bisa mengakses aplikasi Pedulilindungi. 

     



    "Jadi kami sudah menyiapkan website, dengan alamat vaksinln.dto.kemkes.go.id untuk para WNI maupun WNA untuk mendaftarkan. Dan kemudian nanti akan kita verifikasi,” ujar Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, dalam keterangan pers pada Selasa, 14 September 2021.

    Setiaji menuturkan WNI dan WNA yang vaksin di luar negeri dapat mengajukan verifikasi sertifikat vaksin dan pendaftaran lewat laman vaksinln.dto.kemkes.go.id.  Verifikasi data vaksinasi WNI dilakukan Kementerian Kesehatan, sedangkan WNA akan diverifikasi kedutaan masing-masing. 

    Persetujuan hasil verifikasi akan dikirimkan melalui surat elektronik. Verifikasi membutuhkan waktu kerja maksimal tiga hari. 

    "Kemudian harus diklaim, masuk ke Pedulilindungi untuk melengkapi ataupun mengklaim sertifikat vaksin nanti muncul setelah ini diverifikasi,” tutur Setiaji.

    Setelah itu, barulah WNI dan WNA yang bersangkutan dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk scan QR code di berbagai tempat aktivitas masyarakat. Setiaji menyebut bentuk sertifikat vaksin dari luar negeri akan berbeda dengan sertifikat vaksin di Indonesia. 

    Baca: Simak, Berikut 4 Cara Mengatasi Eror Scan QR Code Pedulilindungi



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id