comscore

Identitas Nasional Jadi Modal Negara Menghadapi Pandemi

Yogi Bayu Aji - 20 Mei 2021 22:44 WIB
Identitas Nasional Jadi Modal Negara Menghadapi Pandemi
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Identitas nasional yang kuat dianggap menjadi modal penting bagi negara dalam menghadapi berbagai tantangan masa kini, termasuk pandemi covid-19. Hanya dengan kesadaran kolektif, negara bisa menghindari distrust society dan krisis yang dihadirkan covid-19.

“Diperlukan tiga elemen untuk membangun identitas nasional, yaitu kemampuan merawat tradisi dan warisan masa lalu seperti perjuangan/konsensus bersama yang diperjuangkan, pemahaman terhadap shared values, dan kebanggaan bersama sebagai bangsa,” ujar pakar aliansi kebangsaan Yudi Latif dalam webinar Hari Kebangkitan Nasional dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Kamis, 20 Mei 2021. 
Menurut dia, sebagai bangsa, Indonesia terbilang sukses. Sebagai negara seukuran benua, berbagai suku di Indonesia dapat disatukan dengan identitas yang sama, yakni bangsa dan bahasa Indonesia. 

Yudi menilai tidak setiap bangsa di dunia memiliki kekuatan seperti Indonesia. Modal ini dapat memperkuat Indonesia sebagai negara. Namun, modal sosial yang dimiliki bangsa Indonesia, belum diikuti modal pembentukan negara yang merdeka pada 1945 ini. 

Baca: Sikap Daerah Turunkan Pengetesan Covid-19 Dikritik

"Negara harus mampu memperkuat kelembagaannya akan bisa membawa bangsa ini mencapai cita-cita yang diharapkan para Bapak Bangsa," kata dia. 

Duta Besar RI untuk Singapura, Suryo Pratomo (Tommy), menyampaikan perlu upaya besar mencapai tujuan berbangsa dan bernegara serta menciptakan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Pendidikan amat diperlukan demi menjawab tantangan baru bangsa dan mencapai cita-cita kemerdekaan.

Sementara itu, webinar series “Indonesia Bangkit” dari KBRI Singapura ini diselenggarakan berkala dengan berbagai tema kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia yang siap bangkit dari segala dampak pandemi. Acara ini menghadirkan berbagai narasumber serta tokoh inspiratif.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id