Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung 73%

    Nur Azizah - 18 Mei 2021 12:38 WIB
    Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung 73%
    Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung. YouTube Sekretariat Presiden



    Jakarta: Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung telah rampung 73 persen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan persiapan operasi kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai pada 2022.

    "Dan diharapkan nanti di akhir 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diujicobakan," kata Jokowi di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 18 Mei 2021.

     



    Setelah uji coba, kereta cepat akan masuk fase operasional. Jokowi berharap kereta cepat ini bisa terintegrasi dengan Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

    "Sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini bisa menjadi sebuah daya saing, competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," ucapnya.

    Baca: Terkendala Pandemi, Progres Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Belum Capai 70%

    Kepala Negara berharap ada transfer teknologi dari proyek ini. Sehingga sumber daya manusia (SDM) di Indonesia mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

    "Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang di Jakarta-Bandung," ujar Jokowi.

    Siang ini, Jokowi meninjau terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id