Larangan Bermasker di Masjid, Jubir Wapres: Contoh Penafsiran Alquran yang Serampangan

    Patrick Pinaria - 04 Mei 2021 17:16 WIB
    Larangan Bermasker di Masjid, Jubir Wapres: Contoh Penafsiran Alquran yang Serampangan
    Takmir masjid usir jemaah karena memakai masker (Instagram @peristiwa_sekitar_kita)



    Jakarta: Pengusiran warga yang hendak salat terjadi di Masjid Al Amanah, Bekasi. Anehnya, pengusiran tersebut dilakukan pengurus masjid karena warga tersebut memakai masker saat hendak salat.

    Insiden tersebut terekam dalam video dan tersebar di media sosial. Dalam video tersebut, salah satu pengurus masjid bernama Abdul Rahman mengatakan alasan pelarangan tersebut sesuai dengan Surat Al Imran ayat 96. Menurut Abdul Rahman, yang dalam video tersebut mengenakan jubah kuning, menggunakan masker di dalam masjid sama dengan menempatkan rumah ibadah seperti pasar.






    Tindakan pengurus masjid melarang jemaahnya memakai masker itu pun mendapat tanggapan dari Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi. Ia menilai perbuatan pengurus masjid tersebut merupakan salah satu contoh umat Islam yang semangat beragama, tetapi tidak diimbangi pemahaman agama dengan baik.

    "Ini gejala umum di masyarakat kita, jadi ada semangat beragama yang kuat tetapi tidak diimbangi dengan pemahaman agama yang baik. Dia merasa benar dengan pemahamannya, ini berbahaya," kata Masduki di Jakarta, Selasa.

    Masduki juga menilai penggunaan ayat Alquran yang diucapkan pengurus Masjid Al Amanah juga tidak tepat. Menurutnya, pemahaman seseorang terhadap ayat Alquran tidak boleh dilakukan secara tekstual tanpa melihat perkembangan kondisi dan situasi di masyarakat. Termasuk di kondisi pandemi korona (covid-19).

    "Yang di Bekasi itu dia mengaitkan ayat bahwa masuk masjid itu sudah otomatis aman. Itu kan pemahaman yang tidak tepat. Jadi dia memahami ayat itu nggak paham betul, tekstual banget, berusaha memahami tekstual dan salah. Itu berbahaya sekali," ujarnya.

    Meski demikian, permasalahan pengusiran jemaah di Masjid Al Amanah pun akhirnya berhasil diselesaikan dengan damai. Pengurus masjid dan warga yang sempat diusir sudah saling memaafkan.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id