TOP 3 Nasional: Setahun Pemerintahan Jokowi Hingga Penggunaan Masker Sampai 2022

    Achmad Zulfikar Fazli - 21 Oktober 2020 08:03 WIB
    TOP 3 Nasional: Setahun Pemerintahan Jokowi Hingga Penggunaan Masker Sampai 2022
    Ilustrasi Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin. MI/Ramdani
    Jakarta: Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memasuki usia satu tahun. Sepanjang Selasa, 20 Oktober 2020, pemberitaan setahun Jokowi-Ma'ruf di kanal Nasional menarik perhatian pembaca Medcom.id. Salah satunya, terkait proyek pembangunan infrastruktur dalam setahun terakhir.

    Pemerintah Jokowi-Ma'ruf sudah membangun hampir 10 jalan tol dalam setahun. Proyek ini dibangun di beberapa daerah.

    Informasi mengenai penggunaan masker yang diprediksi akan berlangsung hingga 2020 juga tak luput dari perhatian pembaca Medcom.id. Masker dinilai masih dibutuhkan untuk mencegah penyebaran covid-19 meski ada vaksin.

    Selain masker, pembaca Medcom.id masih tertarik dengan seputar vaksin covid-19. Pemerintah segera memberikan vaksinasi kepada masyarakat. Namun, vaksinasi hanya diberikan kepada kelompok umur tertentu.

    Berikut rangkuman berita terpopuler:

    1. 9 Proyek Jalan Tol Rampung dalam 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

    Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf genap berusia satu tahun. Pembangunan infrastruktur seperti jalan tol di seluruh pelosok Tanah Air dikerjakan untuk mempercepat ekspansi ekonomi.

    Meski di tengah pandemi covid-19, Jokowi ingin pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan tol tetap berjalan. Ia tak mau pembangunan Indonesia semakin tertinggal.
     
    "Karena memang posisi infrastruktur di negara kita masih sangat tertinggal dibanding negara-negara lain," kata Jokowi.

    Selengkapnya baca di sini

    2. Penggunaan Masker Akan Berlangsung Sampai 2022

    Kementerian Kesehatan menyebut penggunaan masker di Tanah Air akan berlangsung sampai 2022. Masker menjadi salah satu alat kesehatan penting dalam mencegah penyebaran covid-19.

    "Masker ini masih dan akan tetap kita butuhkan. Prime prevention untuk covid-19 ini adalah mencegah terpapar. Artinya kita harus melindungi saluran napas kita, jadi istilahnya masker ku melindungi kamu dan masker ku melindungi aku. Ini yang penting," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes Achmad Yurianto dalam konferensi pers Sinergi Pengadaan Masker UKM oleh Kemenkes secara daring, Selasa, 20 Oktober 2020.
     
    Menurut Yuri, penggunaan masker diperlukan sekalipun vaksin akan mulai diimplementasikan oleh pemerintah. Vaksin, kata dia, menjadi secondary prevention atau hanya bersifat pencegahan sakit yang berat.

    Selengkapnya baca di sini

    3. Vaksin untuk Anak-anak, Lansia, dan Komorbid Tunggu Hasil Penelitian

    Pemerintah memastikan program vaksinasi dalam waktu dekat hanya untuk kelompok umur 18-59 tahun. Sedangkan untuk anak-anak, lanjut usia, dan warga dengan penyakit penyerta (komorbid) menunggu hasil pengujian.
     
    "Kalau sekarang (vaksin) yang ada itu (untuk) 18-59 tahun," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dalam Webminar HUT Ke-56 Partai Golkar, Selasa, 20 Oktober 2020.
     
    Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto itu menyebut ketentuan ini mengikuti uji klinis tahap III. Pemerintah tidak akan bertindak di luar ketentuan.

    Selengkapnya baca di sini

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id