Populer Nasional: Indonesia Amankan 75,9 Juta Dosis Vaksin Hingga 8 KKB di Papua

    Achmad Zulfikar Fazli - 09 Mei 2021 07:32 WIB
    Populer Nasional: Indonesia Amankan 75,9 Juta Dosis Vaksin Hingga 8 KKB di Papua
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Indonesia berhasil mengamankan puluhan juta dosis vaksin covid-19 sejak Desember 2020 hingga Sabtu, 8 Mei 2021. Teranyar, Indonesia menerima 1.389.600 dosis Vaksin AstraZeneca.
     
    “Secara keseluruhan Indonesia telah mengamankan 75.910.500 dosis vaksin,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 8 Mei 2021.

    Retno memerinci jumlah itu terdiri atas 68.500.000 dosis Vaksin Sinovac dan 6.410.500 dosis AstraZeneca. Kemudian, 1 juta dosis Sinopharm.

     



    Pemerintah mengapresiasi pihak-pihak yang telah membantu penyaluran vaksin covid-19 ke Indonesia. “Karena upaya memenuhi komitmen kesetaraan vaksin bagi semua negara tidak mudah dan butuh usaha keras,” ujar Retno.
     
    Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan target itu. Salah satunya, bekerja sama multilateral dengan COVAX Facility.
     
    Kerja sama tersebut, kata Retno, didukung berbagai pihak. Mulai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) hingga Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi  (CEPI).

    Baca: Indonesia Berhasil Amankan 75,9 Juta Dosis Vaksin Hingga Mei

    Artikel soal vaksin covid-19 banyak menarik perhatian pembaca Kanal Nasional Medcom.id. Masih soal vaksin covid-19, jutaan dosis Vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia pada Sabtu pagi, 8 Mei 2021. Vaksin hasil kerja sama multilateral COVAX Facility ini dibawa menggunakan pesawat Qatar Airways.
     
    "Jumlah Vaksin AstraZeneca dalam bentuk vaksin jadi pada pagi ini sebesar 1.389.600 dosis," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu, 8 Mei 2021.
     
    Pesawat yang membawa vaksin mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, sekitar pukul 08.15 WIB. Ini merupakan kedatangan vaksin covid-19 tahap ke 12.
     
    Retno menyebut sebanyak 55.300 dosis Vaksin AstraZeneca lebih dulu diterima pada 6 Mei 2021. Sehingga ada total 1.444.900 Vaksin AstraZeneca siap pakai yang diterima Indonesia pekan ini.

    Artikel lainnya yang juga menarik perhatian pembaca Kanal Nasional Medcom.id ialah soal kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Kelompok tersebut telah diberi label teroris oleh pemerintah.

    Pengamat teroris dari Universitas Indonesia Ridwan Habib menjelaskan KKB Papua bukan satu grup besar. Mereka terdiri atas beberapa kelompok.
     
    "Ada sekitar delapan (kelompok) berdasarkan pemetaan kami," kata Ridwan dalam program Newsmaker Medcom.id bertemakan '400 Pasukan Hantu Buru KKB', Sabtu, 8 Mei 2021.

    Pemimpin satu kelompok dengan kelompok lain berbeda. Mereka mempunyai wilayah masing-masing yang dikuasai.

    Ridwan menyebut banyaknya KKB ini lantaran permasalahan ekonomi bukan ideologi. Hal itu berdasarkan pernyataan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Paulus Waterpauw.
     
    "Jangan kita beranggapan kelompok teroris Papua itu semuanya idelogi. Enggak juga," tutur dia.

    Baca: Pengamat: Ada 8 KKB di Papua

    Artikel soal vaksin covid-19 dan KKB di Papua akan terus diperbarui. Klik di sini untuk mengetahui perkembangan informasinya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id