Tinggal 9 Kabupaten/Kota yang Sumbang Kasus Aktif di Atas Seribu

    Cindy - 26 November 2020 19:13 WIB
    Tinggal 9 Kabupaten/Kota yang Sumbang Kasus Aktif di Atas Seribu
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Jumlah kabupaten/kota yang menyumbang kasus aktif virus korona (covid-19) di atas seribu diklaim menurun. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat tinggal sembilan wilayah dengan kasus aktif di atas seribu kasus pada 15 November 2020.

    "Selama empat minggu berturut-turut dari (18 Oktober 2020) sebanyak 12 (kabupaten/kota) menjadi sembilan kabupaten/kota," ucap juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 26 November 2020.

    Wiku membeberkan sembilan kabupaten/kota itu. Wilayah ini meliputi Kota Jayapura, Papua; serta Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok, Jawa Barat.

    Baca: Penambahan Kasus Covid-19 Konsisten di Atas 4 Ribu Harus Jadi Alarm

    Selain itu, ada Kota Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat, DKI Jakarta. Wilayah lainnya yakni Kota Padang, Sumatera Barat; dan Kota Pekanbaru, Riau.  

    Menurut dia, berkurangnya kota dengan jumlah pasien yang dirawat maupun isolasi mandiri yang tinggi ini menjadi capaian positif yang perlu ditingkatkan. Namun, pencapaian ini tak boleh membuat pemerintah daerah menjadi lengah.

    "Oleh karena itu, pemerintah daerah harus tetap melakukan pengawasan, sosialisasi, penegakan disiplin, dan pemberian sanksi kepada masyarakat yang masih abai terhadap protokol kesehatan," ucap dia.

    Wiku mengingatkan kolaborasi pemerintah dan masyarakat menjadi kunci utama menekan kasus aktif. Satgas berharap jumlah kabupaten/kota dengan kasus aktif di atas 1.000 terus berkurang. 

    "Sehingga dapat berkontribusi terhadap penurunan kasus positif di tingkat nasional," kata Wiku.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id