Protokol Kesehatan Mampu Menekan Penyebaran Covid-19

    Achmad Zulfikar Fazli - 13 Oktober 2020 14:39 WIB
    Protokol Kesehatan Mampu Menekan Penyebaran Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Masyarakat diminta terus patuh terhadap protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Patuh pada protokol kesehatan menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran virus korona (covid-19).

    "Kita tidak boleh lengah kita tidak boleh lalai, kita tidak boleh kendor (dengan protokol kesehatan)," tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dilansir dari YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Doni juga mengingatkan semua elemen bangsa untuk menjauhi kerumunan. Kegiatan berkerumunan berpotensi menimbulkan penularan covid-19.

    "Kegiatan berkerumun pasti terjadi penularan. Kalau ini tidak dijaga degan sungguh-sungguh, covid pasti akan menyerang," ujar dia.

    Baca: Disiplin 3M Kunci Utama Selamat Dari Covid-19

    Doni menyampaikan penanganan covid-19 di beberapa daerah sudah mengalami kemajuan. Berkat kerja keras semua pihak dalam menaati protokol kesehatan, kasus covid-19 berhasil ditekan di beberapa daerah yang semula memiliki kasus tinggi dalam tiga sampai empat bulan terakhir.

    Dia mengajak seluruh pihak bekerja sama menanggulangi covid-19. Penanganan covid-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, harus didukung oleh seluruh komponen, termasuk masyarakat.

    "Hanya kebersamaanlah yang dapat menimbulkan risiko yang sangat kecil. Tetapi kalau tidak besama sama sulit, karena covid ini ditulari oleh manusia," ujar dia.

    Satgas Covid-19 baru-baru ini mengampanyekan #ingatpesanibu. Pemerintah berharap kampanye ingat pesan ibu efektif mengajak masyarakat disiplin menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
     
    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id