Gusdurian Kenang Sosok Mbah Moen

    Annisa ayu artanti - 10 Agustus 2019 00:18 WIB
    Gusdurian Kenang Sosok Mbah Moen
    Inayah Wulandari Wahid (kanan) saat doa bersama untuk Mbah Moen. Medcom.id/ Annisa ayu artanti,
    Jakarta: Wafatnya pimpinan Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah Kiai Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen menyimpan duka bagi banyak kalangan, tidak terkecuali Jaringan Gusdurian Jakarta.

    Gusdurian merupakan sebutan untuk para murid, pengagum dan penerus perjuangan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur)Putri bungsu Gusdur  Inayah Wulandari Wahid mengaku meski tidak mengenal dekat sosok Mbah Moen, namun kepergian ulama Nahdlatul Ulama (NU) itu membuatnya terpukul.

    Usai menggelar doa bersama, ia menceritakan banyak hal yang dilakukan Mbah Moen semasa hidupnya dan harus dicontoh generasi milenial. 

    Menurut Inayah, Mbah Moen merupakan sosok pendobrak batasan antara guru atau kiai dan santri. Mbah Moen selalu mencontohkan kebaikan dari hal yang kecil.

    "Humble-nya beliau, beliau melepas batas antara kiai dan santrinya. Bagi saya itu kebesaran Mbah Moen," kata Inaya di Griya Gusdur, Matraman, Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2019.

    Inaya mengatakan pada saat berhaji dia bertanya kepada Mbah Moen amalan apa yang harus dilakukan. Saat itu Mbah Moen menjawab amalan yang dikerjakan adalah hati yang ikhlas.

    "Buat orang itu dianggap sepele, tapi buat saya itu subtansial," ucap dia

    Di sisi politik, lanjut Inaya, keberadaan Mbah Moen menjadi poros. Semua kandidat calon presiden 2019 mengklaim mendapat dukungan dari sosok Mbah Moen. 

    "Mbah Moen memberikan arah itu, Mbah Moen poros," tukas dia.

    Mbah Moen wafat di tanah Suci, Makkah, pada Selasa, 6 Agustus 2019. Ia meninggal di usia 90 tahun ketika tengah melakukan ibadah haji.




    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id