Manggarai Bakal Gantikan Gambir Sebagai Pusat Stasiun

    Husen Miftahudin - 06 Oktober 2019 07:04 WIB
    Manggarai Bakal Gantikan Gambir Sebagai Pusat Stasiun
    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Candra
    Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Stasiun Manggarai diproyeksikan menjadi pusat stasiun. Tak hanya untuk kereta api jarak pendek atau KRL Jabodetabek, Stasiun Manggara juga akan menjadi stasiun pemberhentian terakhir untuk kereta api jarak jauh.

    Dengan demikian, Stasiun Manggarai bakal menggantikan posisi Stasiun Gambir sebagai pusat stasiun saat ini. Nantinya, pemberhentian terakhir untuk kereta api jarak jauh seperti rute Jakarta-Bandung, Jakarta-Yogyakarta, hingga Jakarta-Surabaya berada di Stasiun Manggarai.

    "Mangarai ini kita rencanakan ke depan menjadi central station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini," ujar Budi saat melepas perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai, Jalan Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 5 Oktober 2019.

    Namun demikian, Budi masih enggan menjelaskan secara detail posisi Manggarai ke depan. Sebab, rencana tersebut masih tahap awal.

    Saat ini, Manggarai menjadi pusat stasiun perjalanan kereta api jarak pendek dan KRL Commuter Jabodetabek. Kedepannya, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu menyebut Manggarai akan dijadikan pusat stasiun untuk Kereta Api (KA) Bandara.

    Untuk merealisasikan rencana tersebut, perlu pembangunan dan penambahan jalur kereta api untuk KA Bandara. Selama ini, KA Bandara dan KRL Commuter Jabodetabek masih menggunakan jalur rel yang sama.

    "Pasti akan ada keluhan karena pembangunan belum selesai. Kami punya dua hambatan satu pembebasan tanah, kedua untuk membangun (hanya) empat jam," tuturnya.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id