Enzo Zenz Allie dan Ideologi Taruna TNI

    Yogi Bayu Aji - 07 Agustus 2019 16:14 WIB
    Enzo Zenz Allie dan Ideologi Taruna TNI
    WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, menjadi taruna Akademi Militer. Foto: Tangkapan layar video Puspen TNI.
    Jakarta: Taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zenz Allie viral di media sosial. Pria keturunan Prancis itu diterpa isu miring lantaran disebut terpapar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

    Namun, Mabes TNI memastikan tiap taruna Akmil telah melalui seleksi ketat. Standar operasional prosedur (SOP) seleksi turut menelusuri ideologi yang dianut para calon taruna. 

    "Tidak hanya Enzo. Teman Enzo juga kita lakukan penelusuran," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sisriadi kepada Medcom.id, Rabu, 7 Agustus 2019.

    Menurut dia, pihaknya tak bakal membiarkan Akmil sebagai kawah candradimuka perwira TNI disusupi penganut ideologi non-Pancasila. Begitu ada indikasi menganut ideologi radikal, sang taruna bakal ditendang. 

    Dia menjelaskan tiap gerak-gerik taruna dipantau betul-betul oleh pelatih di Akademi. Bahkan, intelijen di daerah juga dilibatkan dalam memantau pergaulan taruna di tempat tinggalnya.  "Diamati dengan siapa dia bergaul," jelas jenderal TNI berbintang dua ini.

    Mabes TNI pun sedang mendalami info miring tentang Enzo. Sisriadi memastikan bila terbukti tidak beres, Enzo akan dipecat. Sebaliknya, jika info terpapar HTI tak benar, Enzo tetap dipertahankan sebagai taruna TNI.

    Sisriadi memastikan Enzo dan taruna lain juga tak akan lepas dari pemantauan ketika lulus dari Akmil. Pasalnya, tiap kenaikan pangkat, mental dan ideologi mereka akan dites kembali. 

    Baca: Panglima: Enzo Zens Memenuhi Syarat Jadi Prajurit

    Dia menambahkan Akmil TNI juga bakal terus menggembleng para taruna untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selama di Akademi, taruna pun diisolasi dari pengaruh ideologi selain Pancasila.

    "Enggak berhubungan dengan siapa pun semuanya. Dia dari sipil akan menjadi prajurit. Jadi kita gunakan aturan yang ketat. Komunikasi mereka hanya dengan pelatih," jelas Sisriadi.

    Enzo menjadi buah bibir setelah videonya berdialog dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto viral. Kemampuan Enzo berbicara dalam empat bahasa menarik perhatian Hadi.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id