Gempa Maluku Utara Dirasakan Hingga Sulawesi Tengah

    Kautsar Widya Prabowo - 15 November 2019 06:16 WIB
    Gempa Maluku Utara Dirasakan Hingga Sulawesi Tengah
    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (dua dari kiri). Foto: Medcom.id/ Damar Iradat
    Jakarta: Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karniawati mengatakan gempa 7,1 magnitudo yang terjadi di Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut) dirasakan guncangannya cukup kuat. Khususnya masyarakat Bitung dan Manado yang merasakan guncangan paling besar. 

    "BMKG mencatat daerah Bitung dan Manado dengan skala intensitas modified mercalli intensity (MMI) IV hingga V, artinya getaran hampir dirasakan semua penduduk dan orang banyak terbangun," ujar Dwikorita, dalam konfrensi persi di Gedung BMKG, Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

    Selain itu, BMKG juga mencatat getaran gempa dirasakan oleh masyarakat Gorontalo  dan Ternate yang memiliki intensitas lebih rendah, dengan skala MMI III hingga IV. Artinya dirasakan orang banyak di dalam rumah. 

    Terakhir guncangan gempa juga dirasakan masyarakat Buol, Sulawesi Tengah dengan intensitas MMI II. "Getaran dirasakan beberapa orang dan benda ringan yang digantung bergoyang," tuturnya.

    Dwikora menuturkan hingga saat ini belum dapat mengetahui secara pasti kerusakan yang ditimbulkan akibat gempat tersebut. Lantaran belum adanya laporan dari masyarakat setempat.

    Lebih lanjut, ia meningatkan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpangaruh oleh isu yang berasal dari sumber yang tidak kredibel. Masyarakat juga diminta tetap waspada terjadinya gempa susulan. Sedangkan potensi tsunami dipastikan berakhir pukul 01.45 WIB.

    Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Peringatan tsunami ini menyusul gempa 7,1 magnitude yang mengguncang wilayah Jailolo, Maluku Utara sebelum resmi berakhir pukul 00.55 WIB. 

    Berdasarkan data permodelan BMKG, wilayah Sulut yang berpotensi tsunami ialah Kota Bitung dengan status waspada. Lalu dua wilayah di Maluku Utara di Halmahera dan Ternate dengan status waspada. 

    Gempa berkekuatan 7,1 magnitude mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Pusat gempa berada di darat 134 kilometer (km) Barat Laut Jailolo. 
     
    Gempa terjadi pada Kamis, 14 November 2019 sekitar pukul 23.17 WIB. Kekuatan gempa hingga kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada pada 1,63 Lintang Utara (LU), 126 , 40 Bujur Timur (BT).



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id