Tiga Siswa Teler Berat karena Tembakau Gorila

    Candra Yuri Nuralam - 29 November 2019 13:16 WIB
    Tiga Siswa Teler Berat karena Tembakau Gorila
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Tiga pelajar SMP FP, 15; RA, 15; dan IP, 14, ditemukan teler berat di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Mereka kehilangan kesadaran usai mengonsumsi tembakau gorila. 

    "Habis pakai itu terus pada mabuk," kata Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Tebet Iptu Iwan Ridwanullah di Jakarta, Jumat, 29 November 2019.

    Menurut dia, peristiwa itu terjadi Rabu, 27 November 2019. Awalnya, warga melihat lima pelajar berkumpul di sebuah rumah.

    Saat dihampiri warga, dua orang melarikan diri dalam keadaan terhuyung-huyung. FP, RA, dan IP tidak bisa kabur lantaran teler.

    Warga langsung melaporkan peristiwa itu kepada polisi. Petugas yang tiba di lokasi membawa ketiga bocah itu ke rumah sakit ditemani para orang tuanya.

    Iwan menuturkan polisi tidak menahan ketiga pelajar lantaran masih dalam pengobatan. Namun, para pelajar itu tetap akan dikorek soal asal tembakau gorila setelah sembuh.

    "Enggak dibawa ke kantor polisi (kerena) kondisinya setengah sadar (pingsan). Dua agak parah mabuk," ujar dia.

    Tembakau gorila sempat menjadi sorotan pada Oktober 2015. Barang ini dijual melalui media sosial dengan kisaran harga Rp200-Rp400 ribu.

    Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut tembakau cap gorila mengantung zat AB-CHMINACA. Zat kimia ini dapat menyebabkan halusinasi.

    "Zat itu memiliki sifat cannabinoid atau halusinogen," kata Kepala Humas BNN kala itu, Kombes Selamet Pribadi, kepada Medcom.id.

    Menurut dia, zat kimia ini bahan sintesis yang dibuat untuk meniru efek halusinasi milik ganja. Bisa dibilang, tembakau gorila adalah ganja sintesis.

    "Ganja palsu. Efeknya juga sama dengan ganja. Dari testimoni, si pemakai merasa ketimpa gorila," ungkap dia.

    Pemakaian ganja cap gorila dapat menurunkan kinerja otak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, si pemakai menjadi ketergantungan.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id