2019, Perlintasan Sebidang Telan 53 Korban Jiwa

    Kautsar Widya Prabowo - 18 September 2019 03:07 WIB
    2019, Perlintasan Sebidang Telan 53 Korban Jiwa
    Kampanye Mendahulukan Kereta oleh PT KAI. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya
    Jakarta: Executive Vice President Daerah Operasional 1 (Daop) 1 Dadan Rudiansyah membeberkan angka kematian di perlintasan sebidang. Di 2019 telah terjadi sebanyak 97 kali kecelakaan yang melibatkan kendaraan maupun orang. Kecelakaan tersebut menyebabkan 53 meninggal dunia dan 25 luka-luka.

    "Penyebab paling umum dari terjadinya kecelakaan pengendara yang tetap melaju meskipun sudah ada peringatan melalui rambu di perlintasan sebidang," ujar Dadan saat menggelar sosialisasi tertib bekendara di Perlintasan Kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2019.
     
    Menurutnya, masyarakat tak mau menaati Undang Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam Pasal 114 diperintahkan pada seluruh pengendara wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain. 

    "Jadi intinya bahwa perlintasan ini sudah ada ketentuannya baik dalam UU perkerta apian maupun lalu lintas sudah dicantumkan apabila melanggar bisa kena tindak pidana," jelasnya.

    Lebih lanjut, atas dasar tersebut pihaknya bersama stakeholder terkait menggelar sosialisasi kepada pengendara yang melewati perlintasan kereta api Manggarai. Pasalnya perlintasan tersebut dianggap salah satu perlintasan yang kerap dilanggar oleh pengendara.

    "Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan semakin meningkat. Sebab, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan pengendara tetapi juga pejalan kereta api," pungkasnya.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id