Tes Cepat Korona Perdana Gunakan 520 Alat

    Sri Yanti Nainggolan, Jufriansyah - 21 Maret 2020 00:16 WIB
    Tes Cepat Korona Perdana Gunakan 520 Alat
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah melakukan rapid test korona di Jakarta Selatan hari ini, Jumat, 20 Maret 2020. Sebanyak 520 alat tes cepat digunakan di kesempatan pertama ini.

    "Kegiatan rapid test adalah suatu kegiatan yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan surveillance (pengawasan)," ujar Kepala Dinas Kesesehatan DKI Widyastuti di Balai Kota DKI, Jumat, 20 Maret 2020. 

    Baca: Masyarakat Menanti Protokol Rapid Test Virus Korona
     
    Tes cepat diinisiasi Kementerian Kesehatan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, dan Puskesmas. Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Muhammad Helmi, mengatakan, rapid test menyasar masyarakat berstatus orang dalam pengawasan (ODP) atau mereka yang pernah kontak langsung dengan pasien yang sudah postif virus korona.

    "Ya itu aja, darahnya dites, sampel darahnya. Awalnya kan  ditracking, misal (pasien) A dirawat, nah dia ketemu siapa saja sebelum dirawat. Nah teman-temannya itu kita tes," kata Helmi.

    Helmi membeberkan salah satu lokasi yang dijadikan tempat rapid test yakni di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo meminta tes cepat korona diberlakukan.

    "Kita memprioritaskan dari hasil pemetaan indikasi daerah paling rawan di Jakarta Selatan", kata Jokowi dalam konferensi pers, Jumat, 20 Maret 2020.

    Tes cepat akan mendeteksi kadar imunoglobulin pada darah seseorang. Keuntungannya, metode ini bisa dilaksanakan semua laboratorium kesehatan yang ada di semua rumah sakit.

    Namun, pemeriksaan ini memiliki kekurangan. Sebab hanya bisa dilakukan pada seseorang yang sudah terjangkit korona selama satu minggu. Bila belum terinfeksi atau terinfeksi kurang dari seminggu kemungkinan pembacaan imunoglobulin memberikan hasil negatif.




    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id