Ribuan Masyarakat Sudah Jalani Tes Korona

    Siti Yona Hukmana - 03 April 2020 18:14 WIB
    Ribuan Masyarakat Sudah Jalani Tes Korona
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto. Dok. BNPB
    Jakarta: Kementerian Kesehatan terus melakukan tes virus korona kepada masyarakat. Ribuan masyarakat sudah menjalani pemeriksaan ini.

    "Jumlahnya 7.400 orang telah melaksanakan pemeriksaan," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

    Sampel tes tersebut masih diperiksa di laboratorium. Ada 48 laboratorium yang disediakan untuk percepatan penanganan virus korona.

    "Tentunya ini dikerjakan bersama-sama dengan ribuan tenaga kesehatan, baik yang berada di pusat maupun yang berada di daerah," ujar Yurianto.

    Yurianto mengatakan tes ini merupakan salah satu kunci memutus mata rantai penyebaran virus korona. Sebab, kasus positif bisa segera ditemukan lewat tes ini.

    Yurianto mengatakan pemerintah juga akan memperbanyak fasilitas penguji. Pasalnya, kapasitas 48 laboratorium yang beroperasi belum cukup memadai.

    "Kita akan menambah lagi dengan mengaktifkan beberapa alat yang diagnostik semula kita pakai untuk pemeriksaan TBC, ternyata secara teknologi bisa dikonversi untuk digunakan melaksanakan pemeriksaan covid-19," ucap dia.

    Baca: Pasien Positif Korona Jadi 1.986 Orang, yang Sembuh Semakin Banyak

    Alat diagnosis TBC memiliki jumlah yang cukup banyak. Namun, masih diperlukan beberapa konversi. "Kita akan bekerja keras untuk mengejar ini semuanya," kata dia.

    Jumlah kasus covid-19 di Indonesia sudah mencapai 1.986 orang per Jumat, 2 April 2020. Pasien meninggal bertambah menjadi 181 orang dan pasien sembuh menjadi 134 orang.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id