Ombudsman Beri Bripka Sigit Penghargaan

    Jufriansyah - 17 Februari 2020 13:15 WIB
    Ombudsman Beri Bripka Sigit Penghargaan
    Foto bersama usai pemberian penghargaan kepada Bripka Sigit. Foto: Medcom/Jufriansyah
    Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada Bripka Sigit Prabowo. Anggota polisi lalu lintas Polres Metro Jakarta Barat menolong warga bernama David yang kena serangan jantung.

    "Ini terkait dengan beliau yang tanpa pamrih menggendong Pak David, seorang yang kena serangan jantung," kata Ketua Ombudsman Amzulian Rifai di Gedung Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 17 Februari 2020.

    Amzulian menilai Sigit telah menyelamatkan nyawa seseorang. Sebab, bila tidak cepat mendapat pertolongan medis, seseorang kena serangan jantung bisa berakibat fatal.

    "Yang namanya serangan jantung kalau terlambat, kalau sekadar luka kakinya, kena paku misalnya bisa tunda, tapi kalo serangan jantung (harus cepat)," ujarnya.

    Menurut dia, apa yang dilakukan Sigit patut ditiru anggota polisi lainnya. Insiden itu juga bisa jadi refleksi perbaikan pelayanan publik. Sebuah piagam jadi simbol penghargaan Ombudsman untuk Sigit.

    Amzulian berharap institusi Polri terus bekerja lebih baik lagi melayani publik. 

    Diusulkan Naik Pangkat

    Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo mengaku akan mengusulkan kenaikan pangkat untuk Sigit. Kebijakan ini sebagai bentuk penghargaan dari institusi Polri.

    "Tentunya penghargaan yang diterima dari masyarakat oleh Pak Sigit akan kita tambahi dari organisasi," kata Sambodo.

    Sigit mengaku senang atas apresiasi yang diberikan. Kendati, apa yang dilakukan Sigit sebenarnya merupakan tugas anggota Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. 

    "Semoga ke depannya saya lebih baik lagi dan bisa melindungi mengayomi masyarakat," kata Sigit.

    Ombudsman Beri Bripka Sigit Penghargaan
    Bripka Sigit (kanan), polisi yang menggendong warga kena serangan jantung mendapat penghargaan. Foto: Medcom/Jufriansyah

    Sigit bercerita, pada Jumat, 14 Februari 2020, dirinya sedang bertugas mengatur lalu lintas di sekitar Halte Busway Harapan Kita, Jakarta Barat. Ia mendengar masyarakat membutuhkan pertolongan.

    Saat dihampiri, Sigit mendapati seorang lelaki yang diketahui bernama David kena serangan jantung. Tanpa pikir panjang, ia langsung meminta bantuan warga untuk menaikkan David ke punggungnya. 

    Ia pun menggendong David ke Rumah Sakit Harapan Kita yang berjarak sekitar 200 meter. Aksi Sigit viral di media sosial dan mendapat respons positif banyak warganet.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id