comscore

Sikap Intoleran Disebut Cikal Bakal Radikalisme

M Sholahadhin Azhar - 25 Februari 2022 03:49 WIB
Sikap Intoleran Disebut Cikal Bakal Radikalisme
Ilustrasi kerukunan antarumat beragama/Medcom.id
Jakarta: Sikap intoleran disebut sebagai cikal bakal radikalisme. Perlu pemahaman beragama yang penuh toleransi untuk menghindari hal tersebut.

"Mencintai agama yang kita peluk, tidak harus dengan membenci agama orang lain," kata pengarang buku 'Intoleransi dan Radikalisme Kuda Troya Politik dan Agama', Islah Bahrawi, melalui keterangan tertulis, Jumat, 25 Februari 2022.
Hal tersebut disampaikan dalam bedah buku terkait radikalisme tersebut. Islah mengatakan, setiap orang mesti beragama dengan dasar cinta kasih. Sehingga, tidak menimbulkan kebencian dalam merespons agama lain.

Baca: Program Moderasi Beragama Diyakini Mencegah Intoleransi

Islah menyebut Agama Islam melarang sikap intoleran. Sebab, hal tersebut tak mencerminkan kasih sayang yang diajarkan Nabi Muhammad.

"Dalam Islam, sikap ini sangat dilarang. Karenanya, jangan pernah mencaci-maki keyakinan orang lain, karena agama akan kehilangan fungsinya," kata dia.

Menurut Islah, beragama seharusnya tak membuat orang gelisah dengan keyakinan pihak lain. Karena semua agama sejatinya berkonsep luhur dengan dasar kemanusiaan dan kedamaian.

"Menganggap paling benar terhadap keyakinan kita, tidak harus dengan menyalah-nyalahkan keyakinan orang lain," kata dia.

Masyarakat diajak mengembalikan kehidupan beragama ke konsep awal, yakni kemanusiaan dan kedamaian. Kedua prinsip tersebut meski dijalankan secara utuh supaya fungsi agama tak melenceng.

"Agama akan kembali dalam daya tariknya, sebagai sarana untuk mempertebal rasa kemanusiaan, kedamaian, saling cinta dan saling mengenal satu sama lain," kata Islah.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id