1 Orang Tewas Akibat Longsor Tambang Ilegal di Bolaang Mongondow

    Mulyadi Pontororing - 27 Februari 2019 07:24 WIB
    1 Orang Tewas Akibat Longsor Tambang Ilegal di Bolaang Mongondow
    Tim SAR gabungan mengevakuasi salah satu korban longsor di tambang emang di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Bolmong, Sulawesi Utara. Istimewa
    Jakarta: Longsor yang terjadi di tambang ilegal di Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara menyebabkan satu korban tewas. Puluhan lainnya masih terjebak. 

    "Update hingga pukul 05.00 WIT, korban yang berhasil dievakuasi 13 orang, 1 meninggal, 30-an orang masih terjebak," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Bolaang Mongondow Abdul Muin Paputungan dalam sambungan telepon dengan Metro TV, Rabu, 27 Februari 2019. 

    Abdul mengungkapkan Tim SAR gabungan terus mengupayakan evakuasi pada korban yang masih terjebak. Evakuasi dilakukan sejak Rabu, 27 Februari 2019 dini hari. 

    Dia menambahkan evakuasi hanya bisa dilakukan dengan alat sederhana. Sebab, alat berat tidak bisa masuk. 

    "Kondisi di lapangan sangat mengkhawatirkan. Tim sangat hati-hati untuk melakukan evakuasi karena wilayah bebatuan mudah longsor," beber dia. 

    (Baca juga: Tambang Liar di Bolmong Longsor, Puluhan Penambang Tertimbun)

    Selain kondisi lapangan, kondisi korban yang terjebak juga membuat tim sangat hati-hati. "Karena korban kondisinya rata-rata terjepit," imbuh dia. 

    Terkait evakuasi ini, Abdul mengungkapkan, pihaknya sudah meminta tambahan bantuan tim evakuasi. Dia berharap dalam waktu dekat bantuan segera datang. 

    Lokasi pertambangan emas tanpa izin di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, longsor sekitar pukul 23.30 Wita, Selasa, 26 Februari 2019. Material longsor diinformasikan menimbun puluhan penambang yang tengah bekerja.

    Keterangan yang dikumpulkan dari masyarakat maupun pihak keluarga korban, penambang yang longsor diperkirakan mencapai 60 orang. Informasi yang dihimpun, sejumlah korban yang selamat maupun meninggal dibawa ke Rumah Sakit Kotamobagu. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id