Sektor Ekonomi Kreatif Diprediksi Sumbang 2,29 Persen Lapangan Kerja Baru

    Whisnu Mardiansyah - 29 Juli 2021 21:52 WIB
    Sektor Ekonomi Kreatif Diprediksi Sumbang 2,29 Persen Lapangan Kerja Baru
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Kemenparekraf



    Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong percepatan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor ekonomi kreatif. Hal itu disampaikan dalam diskusi virtual dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). 

    Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pandemi mengubah pola ekonomi ke arah digital. Ia memprediksi sektor ekonomi kreatif menyumbang 2,29 persen lapangan kerja baru melalui adaptasi dan digitalisasi. 

     



    "Kami melihat E-commerce meningkat luar biasa saat pandemi. Dengan ekonomi berbasi digital, kami harap proyeksi lapangan kerja baru ini bisa tercapai dan vaksinasi bisa menjadi game changer," kata Sandiaga, dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Juli 2021. 

    Baca: Menparekraf Terapkan 7 Aspek di Desa Wisata

    Kemenparekraf meluncurkan berbagai program digitalisasi ekonomi. Di antaranya, pelatihan wirausaha digital, pemberian insentif pelaku ekonomi kreatif seperti fashion, kuliner, kriya, aplikasi, game developer, animasi dan video. 

    Sejalan dengan itu, Sandiaga juga terus mendorong 30 juta pelaku ekonomi kreatif ke dalam ekosistem digital di tahun 2025. Ia meyakini berbagai pelatihan dan program bantuan bisa memulihkan sektor pariwisata dan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional 

    "Pendekatan ekonomi digital secara holistik tidak hanya infrastruktur dari jaringan. Tapi juga peningkatan keterampilan sumber daya manusia. Mereka harus masuk ke dalam ekosistem digital mulai dari hulu hingga hilir," kata Sandiaga.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id