comscore

Komnas Disabilitas Seharusnya di Bawah Payung Kementerian Hukum dan HAM

MetroTV - 02 Desember 2021 15:43 WIB
Komnas Disabilitas Seharusnya di Bawah Payung Kementerian Hukum dan HAM
Memuliakan penyandang disabilitas. Foto: Dok/ Metro TV
Jakarta: Undang Undang Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyandang Disabilitas memerintahkan pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (KND) yang bertugas mengadvokasi dan memperjuangkan hak-hak dasar penyandang disabilitas. Namun, KND seharusnya tidak berada di bawah Kementerian Sosial.

"Mestinya Komisi Nasional Disabilitas tidak di bawah Kementerian Sosial yang konsep penanganan disabilitas itu bantuan sosial, bukan soal pemenuhan hak," tegas Anggota Dewan Redaksi Media Group Gaudensius Suhardi dalam tayangan Editorial MI di Metro TV, Kamis, 2 Desember 2021.
Gaudensius menjelaskan isu disabilitas seharusnya masuk dalam ranah Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini karena persoalan disabilitas masuk ke dalam isu HAM.

Berbagai hal terkait pemenuhan hak penyandang disabilitas masih belum tercapai, khususnya dari segi aksesibilitas. Gaudensius mengatakan masih belum ada halte khusus penyandang disabilitas, gedung pun masih banyak yang tidak ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Ini persoalan akses, akses itu tidak ada kaitannya dengan bantuan sosial, akses itu kaitannya dengan hak hak warga negara,” ujar Gaudensius.

Gaudensius menyebut Komnas HAM pun belum masif untuk memperjuangkan hak hak penyandang disabilitas. Maka dari itu, ia berharap masyarakat nantinya dapat mendukung KND agar efektif menaikan harkat dan martabat penyandang disabilitas.

“Kita berharap kepada Komnas HAM untuk memperjuangkan hak hak kaum disabilitas, tetapi selama ini tidak terlalu masif diperjuangkan oleh Komnas HAM,” kata Gaudensius.

Gaudensius menegaskan penyandang disabilitas memang kerap kali mengalami kesulitan. Namun, mereka dapat tumbuh di dalam kesulitan dan menjadi tangguh di dalam kesulitan.

Selain itu, Gaudensius juga menyebutkan bahwa penyandang disabilitas bukan ingin dikasihani. Akan tetapi, mereka ingin hak haknya untuk dipenuhi. (Widya Finola Ifani Putri)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id