LAN Siapkan Kurikulum Sekolah Kader ASN

    Kautsar Widya Prabowo - 12 Desember 2019 07:08 WIB
    LAN Siapkan Kurikulum Sekolah Kader ASN
    Kepala Bidang Pengembangan Karakter ASN Pusat Pengembangan Kader ASN Dadan Sidqul Anwar. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
    Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN) telah menyiapakan bahan ajar untuk diimplementasikan dalam sekolah kader Aparatur Sipil Negara (ASN). Ditargetkan bahan ajar yang akan digunakan untuk membuat kurikulum tersebut rampung tahun depan.

    Kepala Bidang Pengembangan Karakter ASN Pusat Pengembangan Kader ASN Dadan Sidqul Anwar menjelaskan terdapat tiga konstruksi yang digunakan dalam membuat kurikulum pelajaran sekolah kader. Seperti, ASN harus dididik memiliki integritas yang tinggi. 

    "Talenta berkualitas, tapi low secara value. Nanti istilahnya membuat maling bertalenta. Harapnya kemampuan yang tinggi dapat digunakan untuk melayani rakyat," ujar Dadan kepada Medcom.id di Gedung LAN, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Desember 2019.

    Selain itu, sambungnya, sekolah kader nantinya akan mendidik ASN memiliki manajemen kepimpinan yang baik. Sebagai calon pemimpin dituntut dapat memberikan keputusan cepat dan terukur, meski dalam kondisi tak menentu.

    "Menjadi leader di dalam ketidakpastian, tidak hanya menggunakan rasionalitas tapi irasionalitas," tuturnya.

    Terakhir, usai menjalani sekolah kader ASN diharapkan tidak hanya memiliki kompetensi yang unggul. Melainkan dapat ikut memperat bangsa Indonesia di tengah keberagaman budaya, suku, dan agama.

    "Kompetensi sosial kultural bagaimana juga kemampuan lintas budaya, mereka diharapkan sebagai perekat bangsa, di samping mereka sebagai pelayan masyarakat," pungkasnya.

    Sekolah kader telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. LAN merupakan lembaga yang berwenang melakukan pengkajian, pendidikan, dan pelatihan ASN sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015, serta menyiapkan sejumlah materi untuk bahan kebijakan sekolah kader. 



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id